Topcareer.id – Keterampilan komunikasi memungkinkan kamu memberi dan menerima informasi. Perusahaan secara konsisten menempatkan keterampilan komunikasi sebagai salah satu keterampilan yang paling sering diminta dalam lowongan pekerjaan.
Menggunakan, meningkatkan, dan memamerkan keterampilan komunikasi bisa membantumu maju dalam karier dan menjadi kompetitif.
Artikel ini membahas pentingnya keterampilan komunikasi. Berikut ini sepuluh skill komunikasi yang paling dibutuhkan:
Lanjutan dari bagian pertama artikel
6) Volume dan kejelasan saat bicara
Saat kamu berbicara, penting untuk menjadi jelas dan terdengar.
Menyesuaikan suara bicara sehingga bisa didengar dalam berbagai situasi adalah keterampilan penting untuk berkomunikasi secara efektif.
Berbicara terlalu keras mungkin tidak sopan atau canggung dalam situasi tertentu.
Jika kamu tidak yakin, baca situasi ruangan untuk melihat bagaimana orang lain berkomunikasi.
Detail nada suara kamu harus bisa efektif dalam mengomunikasikan emosi dan bagaimana pesan harus ditafsirkan.
7) Empati
Memiliki empati berarti kamu tidak hanya dapat memahami, tetapi juga berbagi emosi dengan orang lain.
Keterampilan komunikasi ini penting dalam pengaturan tim dan satu lawan satu. Dalam kedua kasus tersebut, kamu perlu memahami emosi orang lain dan memilih respons yang tepat.
Misalnya, jika seseorang mengungkapkan kemarahan atau frustrasi, empati dapat membantumu mengenali dan meredakan emosinya.
Pada saat yang sama, mampu memahami ketika seseorang merasa positif dan antusias dapat membantumu mendapatkan dukungan untuk ide dan proyek kamu.
Baca juga: Pentingnya Keterampilan Komunikasi Interpersonal di Perusahaan
8) Hormat
Aspek kunci dari rasa hormat adalah mengetahui kapan harus memulai komunikasi dan merespons.
Dalam pengaturan tim atau kelompok, membiarkan orang lain berbicara tanpa gangguan dipandang sebagai keterampilan komunikasi yang diperlukan terkait dengan rasa hormat.
Berkomunikasi dengan rasa hormat juga berarti menggunakan waktu kamu dengan orang lain dengan bijak dan tetap pada topik.
9) Isyarat nonverbal
Banyak komunikasi terjadi melalui isyarat nonverbal seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata.
Saat kamu mendengarkan seseorang, kamu harus memperhatikan apa yang mereka katakan serta bahasa nonverbal mereka.
Kamu harus menyadari bahasa tubuhmu sendiri saat berkomunikasi untuk memastikan kamu mengirimkan isyarat yang sesuai kepada orang lain.
10) Tanggapan
Baik saat kamu membalas panggilan telepon atau mengirim balasan ke email, komunikator yang cepat menanggapi dipandang lebih efektif daripada yang lambat merespons.
Salah satu caranya adalah dengan mempertimbangkan berapa lama tanggapan kamu terhadap pertanyaan akan berlangsung.
Perhatikan jenis pertanyaan yang harus direspon, jika kamu tahu betul itu pertanyaan penting, segera tanggapi.**(Feb)