Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

KSP: Lancarnya Akses KEK Mandalika Bantu Tingkatkan Ekonomi Pariwisata Daerah

Dok/KSP

Topcareer.id – Kelancaran penyelenggaraan event World SuperBike tidak lepas dari kelancaran akses jalan dari dan menuju Sirkuit Balap Internasional Mandalika di Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Hal itu disimpulkan Tim Kantor Staf Presiden (KSP) yang melakukan serangkaian verifikasi lapangan ke Kab. Lombok Tengah. KSP juga telah memastikan kelayakan infrastruktur penunjang di sekitar Sirkuit Mandalika, pada Minggu (21/11).

Tim KSP telah memantau secara ketat pembangunan jalan dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika agar selesai sesuai target. Alhasil, akses jalan dari BIL menuju mandalika sudah berfungsi sejak 1 bulan yang lalu dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021.

“Pemerintah sudah membangun infrastruktur utama yakni jalan bypass BIL sampai KEK Mandalika sepanjang 17 km yang menjadi tulang punggung utama konektivitas yang mempercepat akses menuju KEK Mandalika,” ujar Tenaga Ahli KSP Anne Aprina Priskila.

Sebelumnya, dari BIL menuju KEK Mandalika memakan waktu sekitar 45 hingga 60 menit. Kini, waktu tempuh dari BIL ke KEK Mandalika hanya 15 menit.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Pariwisata NTB, Ahlul Wakti, mengatakan aksesibilitas di Lombok menjadi semakin baik. Menurut Ahlul, hal ini sangat membantu kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Reiza Setiawan pun setuju. “Masyarakat dan wisatawan merasa terbantu dengan adanya jalan ini,” katanya.

“Jalan ini memang sudah berfungsi dengan baik, tetapi kami masih terus membuat lebih baik lagi dengan merapikan bahu jalan dan pinggir tebing, serta melengkapi penerangan jalan di beberapa titik rawan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat,” lanjut Reiza.

Baca juga: 4 Kota Di Indonesia Masuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO, Terbaru Jakarta

Tak hanya jarak tempuh yang semakin cepat, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan menarik di titik km 11 dan Bukit Menangis.

KSP kini terus memastikan kawasan KEK Mandalika dipersiapkan dengan benar untuk menjadi satu magnet pariwisata baru di Indonesia. Maka dari itu, KSP menghimbau adanya kerjasama antara Pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat demi mendukung kesuksesan berbagai event yang akan diselenggarakan di Mandalika.

Tujuannya jelas, agar infrastruktur yang telah dibangun oleh Pemerintah ini benar-benar bermanfaat untuk masyarakat lokal.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan