Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Mau Pakai Nama Kang Emil sebagai Merek Dagangan UMKM? Ini Syaratnya

Ridwan Kamil

Topcareer.id – Demi membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bertahan di masa pendemi seperti saat ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperbolehkan namanya dipakai masyarakat untuk merek produk yang mereka jual.

“Kalau menganggap nama saya bisa meningkatkan bisnis UMKM silakan dipakai,” ujarnya di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Sebagai ganti untuk royalti, pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun hanya memberi 2 syarat sederhana yakni memberitahu dirinya terlebih dahulu, dan bisnis yang dijalankan UMKM tersebut harus yang sesuai dengan etika syariah.

“Syaratnya cuma dua, karena nama saya mau dipakai yaitu laporan dulu dan bisnisnya harus yang sesuai etika syariah, jangan namanya untuk karaoke plus Ridwan Kamil,” tegasnya.

Baca juga: Tawaran Beasiswa di 39 Universitas di Indonesia, Siapa Mau?

Tak tanggung-tanggung, Kang Emil pun mau terlibat dengan membantu memasarkan produk UMKM lewat media sosialnya yang telah memiliki belasan juta pengikut itu.

“Saya juga jadi marketingnya, saya posting di Instagram yang followernya 14 juta, dan bantu juga untuk desain produknya seperti sepatu, celana jeans, helm, jaket dan produk lainnya secara gratis,” tambahnya.

Diketahui, hingga saat ini tercatat 25 UMKM yang melapor menggunakan namanya seperti Keripik Pedas Kang Emil, Toko Galon Ridwan Kamil, Tukang Cukur Kang Emil Bandung Juara, Sate Tusuk Ridwan Kamil, hingga Cimol Kang Emil.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan