Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bisa Ditiru, Begini Persiapan MC Sebelum Memandu Acara

Topcareer.id – Mepersiapkan sesuatu dari awal hingga akhir merupakan bentuk usaha agar pekerjaan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik. Begitu pula dengan pekerjaan master of ceremony (MC) yang perlu persiapan sebelum “cuap-cuap” di hadapan publik.

Setiap profesional MC punya caranya masing-masing dalam mempersiapkan diri membawakan acara. Namun, tetap ada hal-hal penting yang menjadi pegangan dan tak terlewatkan agar acara berjalan lancar.

MC profesional dengan 15 tahun pengalaman public speaking, Harry Purnama mengatakan kepada Topcareer.id bahwa untuk persiapan teknis sendiri, biasanya akan ada teknikal meeting sebelum rangkaian acara.

“Itu (teknikal meeting) kita adakan 2 minggu sebelum rangkaian acara, itu dari segi teknis ya, segala sesuatu yang menjadi bagian dari acara itu maka diadakan pertemuan,” kata Harry dalam sesi wawancara pada Jumat (26/11/2021).

Begitu pula dengan MC Annisa Regina, atau akrab disapa Icha yang mengatakan bahwa terkait hal teknis, MC setidaknya mengetahui hal-hal penting terkait acara, seperti tema acara, siapa audiens-nya, konten acaranya seperti apa.

Baca juga: Seberapa Penting Pendidikan Formal Untuk Karier MC Profesional?

“Kita harus paham dan benar-benar tahu, jangan sampai salah. Misalnya audiens maunya formal, tapi kita bercanda-canda di dalamnya kan enggak mungkin juga,” ujar Icha.

Sementara itu, persiapan pribadi Harry sebelum memulai pekerjannya selain merapikan rundown acara dan penampilan, ia akan meluangkan waktu mendatangi venue (tempat acara) jauh sebelum tamu-tamu hadir.

Hal itu ia lakukan, demi mengenali dan memahami kondisi di tempat juga beradaptasi sehingga ia bisa nyaman dalam membawakan acara.

“Ini sebenaranya sepengalaman saya. Saya mempersiapkan spare waktu untuk datang di venue lebih awal, kalau bisa tamu-tamu yang hadir belum ada, supaya saya bisa beradaptasi sama venue itu sampai akhirnya saya bisa kenalan dengan yang tugas hari itu, ketika sudah ada adaptasi itu saya bawain acaranya lebih enak sih,” tutur Harry.

Sedangkan Icha, merasa perlu mempersiapkan mental juga saat ingin “manggung” bahkan melakukan beberapa gerakan stretching (pemanasan) agar lebih rileks.

“MC tuh kadang sebelum naik ke atas panggung ada yang olahraga mulut, jerit-jerit, ketawa-ketawa sendiri, atau pukul-pukul pipi, itu biar kita rileks dan nyaman saat bawain acara,” ucap Icha.**(Feb)

Tinggalkan Balasan