Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

ASN yang Ikut Pelatihan Militer Komcad Bakal Dapat Uang Saku

utang luar negeri

Topcareer.id – Ikut serta dalam Pelatihan Komponen Cadangan bagi Aparatur Sipil Negara (ANS) bukan suatu kewajiban dan bersifat sukarela. Tapi, bagi pegawai ASN yang telah lolos seleksi dan ikut dalam pelatihan militer Komponen Cadangan akan mendapatkan beberapa benefit.

Benefit yang dimaksud ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Peran Serta Pegawai ASN Sebagai Komponan Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara.

Pegawai ASN yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan seleksi kompetensi sebagai calon Komponen Cadangan wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan mendapatkan:

Baca juga: Begini Syarat ASN Yang Boleh Ikut Pelatihan Militer Komponen Cadangan

1. uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan, dan pelindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

2. tetap menerima hak atas gaji dan tunjangan kinerja dan atau tunjangan jabatan, seperti ketika menjalankan tugas kedinasan di instansinya;

“Pegawai ASN yang menduduki jabatan struktural tidak kehilangan jabatannya dan akan kembali menduduki jabatan tersebut jika selesai mengikuti pelatihan dasar kemiliteran. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diharapkan menunjuk pelaksana harian yang menggantikan tugas Pegawai ASN tersebut,” tulis dalam SE tersebut, dikutip Kamis (30/12/2021).

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau komite talenta juga diharapkan bisa memberikan pertimbangan positif sewaktu melakukan klasifikasi talenta bagi ASN yang terdaftar sebagai Komponen Cadangan.

Tinggalkan Balasan