Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Kemenkes Sediakan Paket Obat Gratis untuk Pasien Omicron, Ini Linknya!

Vitamin suplemen. (pexels)

Topcareer.id – Kementerian Kesehatan (kemenkes) resmi menyediakan layanan telemedicine berikut dengan paket obat untuk para pasien terkonfirmasi Omicron yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman) tanpa pungutan biaya sama sekali alias gratis.

Setidaknya sampai berita ini diturunkan, Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine, mulai dari Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Untuk mendapatkan layanan ini pun, pasien harus melakukan tes PCR terlebih dahulu di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.

Jika hasilnya positif, laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 akan melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes (NAR). Setelah itu pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes yang bercentang hijau secara otomatis.

Di sini, jika pasien tak mendapatkan WA pemberitahuan, maka pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Baca juga: Gara-Gara Omicron, PM New Zealand Batal Nikah

Namun, apabila pasien telah mendapat WA pemberitahuan, berarti pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine.

Caranya pun mudah, yakni hanya dengan menekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Nantinya, selesai melakukan konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

Yang perlu dicatat, hanya pasien dengan kategori layak isoman atau dengan kondisi tanpa gejala atau ringan serta pasien yang berdomisili diwilayah Jabodetabek yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Obat gratis yang didapatkan pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, serta Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan)

Tetapi jika ada obat di luar paket, maka pasien harus menebus dan membayar obat tersebut.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply