Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Penghulu Bakal jadi Salah Satu Profesi yang Diprioritaskan Kemenag

Ilustrasi penghulu. Sumber foto: Duta.co

Topcareer.id – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membeberkan bahwa baru ada 8 ribu orang yang tercatat berprofesi sebagai penghulu. Menurutnya jumlah penghulu yang ada ini belum ideal untuk melayani nikah yang mencapai angka dua juta peristiwa per tahun.

“Jumlah penghulu di Indonesia saat ini adalah 8.978 orang, jumlah ini masih setengah dari kondisi ideal untuk melayani pernikahan dua juta peristiwa setiap tahunnya, yang tersebar di 5.901 KUA seluruh Indonesia,” ujar Menag, Senin (24/1/2022).

Terlebih lagi setengah dari jumlah penghulu tersebut akan memasuki masa purna tugas sebagai ASN. Jadi jika dirata-rata akan ada sebanyak 400 orang penghulu yang pensiun setiap tahunnya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Buka Lowongan untuk Para Profesional, Cek Infonya di Sini

Menag pun mengatakan, jika hal ini tidak segera mendapat perhatian, ia memprediksi dalam 10 tahun ke depan, Indonesia akan kekurangan penghulu.

Sebelumnya Menag juga mengaku Kementerian yang dipimpinnya melalui Ditjen Bimas Islam telah berupaya menambah kuota formasi calon penghulu namun yang diperoleh hanya 150 orang setiap tahunnya.

Oleh karenanya Menag pun mengusulkan penambahan formasi penghulu dalam Rapat Kerja bersama dengan Komisi VIII DPR RI, di Gedung Parlemen, Jakarta pada beberapa waktu lalu.

“Kami berharap Komisi VIII DPR sebagai mitra kerja Kementerian Agama dapat memberikan dukungan untuk dapat merealisasikan target pemenuhan kuota penghulu di seluruh Indonesia,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan