Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Bingung Karier Apa di Jurusan Komunikasi? Ini 9 Opsi Peluang Kerjanya (Bagian 1)

online-communication_1098-15842

Topcareer.id – Pilihan paling mudah untuk mereka yang mampu memengaruhi orang, menghibur, dan tahu menciptakan konten media yang baik, adalah masuk dalam jurusan komunikasi. Jurusan ini mencakup banyak disiplin ilmu termasuk periklanan, pemasaran, hubungan masyarakat, jurnalisme, penyiaran, media, dan film.

Mengutip The Balance Careers, jurusan komunikasi belajar bagaimana menilai kebutuhan dan preferensi pembaca, pemirsa, dan pendengar. Mereka memiliki kreativitas untuk merancang strategi inovatif untuk menyampaikan pesan mereka.

Jika sudah terjun dalam jurusan ilmu komunikasi, tapi masih bingung arah pekerjaannya, berikut ini beberapa peluang kerja terbaik untuk jurusan komunikasi.

1. Spesialis hubungan masyarakat

Jurusan komunikasi memiliki posisi yang baik untuk berpikir secara strategis tentang bagaimana mempengaruhi persepsi publik melalui media. Profesional PR menulis siaran pers, mengatur konferensi pers dan acara lain, dan meyakinkan media bahwa cerita tentang organisasi memiliki manfaat jurnalistik.

Beberapa perwakilan hubungan masyarakat bekerja untuk humas instansi, pemasaran, dan biro iklan, yang melayani daftar klien yang berbeda. Yang lain bekerja secara langsung untuk perusahaan, lembaga pemerintah, dan organisasi nirlaba di departemen komunikasi untuk menyampaikan pesan yang benar tentang perusahaan mereka.

2. Perencana event

Acara yang sukses membutuhkan tema yang menarik dan promosi yang efektif untuk menarik sekelompok peserta yang layak. Jurusan komunikasi diposisikan dengan baik untuk menilai kepentingan kelompok konsumen dan anggota organisasi profesional, dan untuk mengemas acara dengan cara yang menarik.

Baca juga: 7 Cara Simple Atasi Stres Di Kantor

Perencana event dapat memanfaatkan keterampilan berbicara di depan umum yang dikembangkan dalam studi komunikasi mereka untuk membuat pengumuman dan memperkenalkan pembicara di program.

3. Perencana media

Perencana media perlu memahami kecenderungan mengklik, melihat, membaca, dan mendengarkan konsumen untuk memilih campuran media terbaik untuk kampanye iklan.

Jurusan komunikasi memiliki kualifikasi yang unik untuk meneliti cara kelompok demografis mengonsumsi media sehingga mereka dapat mengantisipasi penempatan iklan yang optimal dalam program televisi/radio, situs web, dan artikel majalah dan surat kabar.

Perencana media juga memanfaatkan keterampilan presentasi dan menulis yang dikembangkan melalui studi komunikasi saat mereka menyampaikan rencana mereka kepada rekan dan eksekutif periklanan.

4. Manajer Media Sosial

Pekerjaan media sosial adalah tentang berkomunikasi dengan orang-orang. Tidak mengherankan bahwa jurusan komunikasi, yang dilatih untuk menganalisis pola komunikasi, memiliki kualifikasi yang baik untuk membantu organisasi meningkatkan brand mereka di media sosial.

Manajer media sosial harus menjadi penulis yang baik untuk menulis pesan tentang organisasi mereka yang akan menarik bagi pengguna jejaring sosial seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter.

Tinggalkan Balasan