Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Menkeu: Penerimaan Pajak Januari 2022 Capai Rp109,1 Triliun

Menkeu Sri MulyaniMenteri Keuangan Sri Mulyani

Topcareer.id – Penerimaan pajak bulan Januari 2022 capai Rp109,1 triliun atau tumbuh 59,39%. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawasti berharap cerita pemulihan ekonomi ini akan dapat makin merata di seluruh bidang.

“Pada bulan Januari ini pajak telah menyetorkan 109,1 triliun, ini suatu prestasi yang sangat baik. Kenaikan yang luar biasa tinggi dari penerimaan pajak tentu sesuatu yang kita syukuri tapi di sisi lain kita waspadai,” kata Menkeu dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Selasa (22/2/2022)

Lebih lanjut Menkeu memaparkan penerimaan pajak tersebut didukung oleh PPh non migas yang mencapai Rp61,14 triliun atau mengalami kenaikan 56,7%.

Lalu ada juga kontribusi dari PPN dan PPnBM yang berhasil tumbuh 45,86% atau mencapai Rp38,43 triliun. Sedangkan PPh Migas mencapai Rp8,95 triliun karena adanya kenaikan harga migas sehingga capainnya pun melonjak ke 281,2%.

Baca juga: Bantuan Tunai Untuk PKL, Warung, Dan Nelayan Bakal Cair Bulan Ini

Dilihat dari jenis pajak, PPh 21 berkontribusi 16,7% atau tumbuh 26,9%. Peningkatan ini, jelas Menkeu, menunjukkan adanya perbaikan dari pemanfaatan tenaga kerja.

Hal ini terlihat dari sisi tingkat un-employment atau pengangguran yang menurun dan juga adanya pembayaran bonus akhir tahun kepada karyawan.

“Yang juga menarik kita lihat dari sisi cerita perpajakan ini adalah PPH badan, sekali lagi ini adalah korporasi, yang menyumbangkan 13% dari penerimaan pajak kita. Dan kalau korporasi mulai sehat kita berharap ekonomi kita juga mulai kuat,” ujar Menkeu.

Leave a Reply