Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Februari 5, 2023
redaksi@topcareer.id
Sosok

Presiden Lantik Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Ini Profilnya

Bambang Susantono. Dok/TempoBambang Susantono. Dok/Tempo

Topcareer.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Bambang Susantono, mantan Menteri Perhubungan di era Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (10/3/22).

Menurut Jokowi ini merupakan pilihan yang baik, Bambang pun memiliki rekam jejak pengalaman yang baik.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono akan didukung oleh Dhony Rahajoe yang juga dilantik dan memiliki pengalaman lapangan di bidang properti.

Presiden meyakini keduanya adalah kombinasi yang baik dan akan mudah untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan para menteri dalam berbagai hal.

Profil Bambang Susantono
Bambang Susantono lahir di Yogyakarta pada 4 November 1963, ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan periode 2009-2014 dan pernah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Perhubungan di era SBY.

Bambang menyelesaikan pendidikan strata satu jurusan teknik sipil di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya dengan mengambil gelar Master of City and Regional Planning di University of California Berkeley, AS, tahun 1995.

Di tahun 1998, Bambang juga mengambil gelar Master of Civil Engineering Transportation di universitas yang sama.

Pada tahun 2000, Bambang Susantono akhirnya meraih gelar Doctor of Philosophy di bidang Infrastructure Planning dari University of California Berkeley, AS.

Bambang pernah menjabat sebagai Ketua Masyarakat Transportasi (MTI) periode 2007-2010.

Namun, di tengah perjalanan kariernya tersebut pada tahun 2009, Presiden SBY menetapkan Bambang sebagai Wakil Menteri Perhubungan dalam kabinet Indonesia Bersatu II untuk masa bakti 2009-2014.

Selama menduduki jabatan tersebut, Bambang aktif bekerja dengan mempercepat pembangunan jalur rel ganda kereta api.

Saat Menteri Perhubungan kala itu Evert Ernest Mangindaan mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019, Bambang Susantono ditunjuk SBY menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Perhubungan pada Oktober 2014.

Tak lama berselang menjadi Plt Menteri Perhubungan, jabatan tersebut berpindah kepada Ignasius Jonan.

Sebelum pelantikannya menjadi Kepala Otorita IKN, Bambang menjabat sebagai Vice President Knowledge Management and Sustainable Development di Asian Development Bank (ADB).

Saat menjabat sebagai Wapres ADB, Bambang berkantor di Manila, Filipina, dan membidangi Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan.

Baca juga: Menkominfo Jajaki Kerja Sama dengan Huawei Demi Infrastruktur 5G di IKN

Harapan Presiden Jokowi
Presiden meyakini bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara menarik minat berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi.

Untuk itu, Jokowi menginginkan aksi nyata segera dari Bambang Susantono yang baru dilantik menjadi Kepala Otorita IKN.

Jokowi juga mengharapkan Kepala dan Wakil Otorita IKN bekerja sama dengan cepat terutama yang berkaitan dengan kelembagaan agar segera terselesaikan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan