Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Desember 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Mengambil Foto Profesional untuk LinkedIn

Ilustrasi. Sumber foto: Cultivated CultureIlustrasi. Sumber foto: Cultivated Culture

Topcareer.id – Jika ingin mencari dan pekerjaan melalui platform profesional seperti LinkedIn, kamu perlu memerhatikan foto profilmu. Ingat bahwa kesan pertama yang kamu berikan di LinkedIn adalah yang paling penting karena itu bisa menjadi segmen pemasaran dari dirimu.

Mengapa memiliki foto profesional di profil LinkedIn sangat penting? Sebuah foto memanusiakan profilmu dan membuatmu tampak lebih mudah didekati.

Mengunggah foto berkualitas ke profil LinkedInmu akan membantumu membuat kesan yang tepat. Berikut adalah tips mengambil foto professional untuk profil LinkedIn.

Pilih Fotografer yang Tepat

Mengutip laman Business News Daily, jika kamu mampu, sewa seorang fotografer yang bisa mempermudah untuk mendapatkan headshot yang sempurna. Namun, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa seorang profesional.

Cukup minta teman atau anggota keluarga (yang tahu cara menangani kamera) untuk mengambil beberapa bidikanmu. Pilih seseorang yang dapat membuatmu tersenyum secara alami. Senyum yang hangat dan ramah akan membuatmu terlihat mudah diakses, dan mendorong orang lain untuk terlibat denganmu.

Selfie

Jika tidak ada orang yang tersedia untuk mengambil fotomu, kamu selalu dapat mengambil bidikan dirimu sendiri menggunakan kamera komputermu (jika ada). Jika kamu memiliki ponsel dengan kamera berkualitas tinggi, kamu bisa mengambil selfie.

Gunakan Headshot

Karena foto profil muncul sebagai gambar mini kecil di LinkedIn, fotomu hanya boleh berupa kepala, leher, dan mungkin bagian atas bahu. Jika kamu memasukkan seluruh tubuh, kepalamu akan terlihat terlalu kecil, dan pengguna lain mungkin tidak dapat mengenalimu.

Baca juga: Bingung Mau Bertahan Atau Resign? Perhatikan Dulu Tandanya

Berpakaian Profesional

Karena LinkedIn adalah platform karier dan bisnis profesional, pastikan fotomu menunjukkan dirimu dengan cara yang sesuai untuk bidangmu.

Biasanya, ini berarti kemeja untuk pria; gaun, blazer, atau blus yang bagus untuk wanita; atau setelan untuk kedua jenis kelamin. Pilih warna gelap pekat seperti biru atau hitam, dan jangan pilih apa pun dengan pola yang terlalu ramai.

Tetap Sederhana

Fotomu seharusnya adalah dirimu, dan hanya kamu. Jangan memasukkan benda, hewan peliharaan, atau anak-anak. Hindari latar belakang yang sibuk. Yang terbaik adalah berdiri dengan latar belakang terang berwarna solid.

Ingatlah bahwa ini adalah LinkedIn—bukan Facebook atau Instagram. Tujuanmu adalah untuk menunjukkan sisi profesionalmu untuk koneksi jaringan dan calon majikan.

Pilih Foto Saat Ini

Jangan menyertakan foto yang sudah lama, tidak peduli seberapa muda dan menarik kamu terlihat. Gunakan gambar terkini agar orang tidak terkejut saat bertemu langsung denganmu. Sungguh aneh diperkenalkan kepada seseorang yang terlihat 20 tahun lebih tua dari foto online mereka.

Jadilah Konsisten

Saat mengembangkan brand online profesional, konsistensi adalah kuncinya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan foto yang sama untuk semua foto profil jejaring sosial dan profesionalmu. Ini akan membuatmu lebih mudah dikenali.

Tinggalkan Balasan