Topcareer.id – Dengan 3,5 miliar pengguna media sosial aktif, banyak individu dan brand memindahkan keputusan bisnis mereka ke media sosial Instagram (IG).
Instagram adalah salah satu platform media sosial terbesar dan mengutip dari laman adamenfroy, kami akan mengajarkanmu cara mengembangkan IG kamu di tahun 2022.
Mari lihat lebih dalam beberapa statistik dan fakta Instagram.
- Instagram adalah jaringan kedua yang paling terlibat setelah Facebook
- Rata-rata 53 menit per hari dihabiskan di Instagram, untuk pengguna Facebook menghabiskan sekitar 58 menit
- 83% pengguna menyatakan bahwa mereka menemukan produk dan layanan baru di Instagram
- 500 juta pengguna menggunakan Instagram Stories setiap hari
- Lebih dari 100 juta foto dan video Instagram dibagikan di Instagram setiap hari
- Postingan video di Instagram lebih mungkin untuk terlibat.
- Instagram berada di ambang menjadi platform media sosial nomor satu.
Jika kamu seorang individu atau influencer yang ingin membangun merek pribadimu tahun ini, berikut cara jitunya untuk mengembangkan Instagram kamu:
Bagian akhir dari artikel
Beri Orang Alasan untuk Memfollow Kamu
Alasan utama mengapa orang bisa memfollow brand, blogger, atau influencer tertentu adalah karena mereka telah menemukan value di dalamnya untuk mereka sendiri.
Biasanya, kita cenderung berlangganan konten yang menarik secara visual dan secara khusus bersifat informatif atau motivasi.
Cari kelebihan kamu yang bisa memberi value bagi orang lain, misalnya kamu ahli memasak makanan sehat yang bisa menjaga berat badan.
Beri tahu audiens bahwa kamu telah melalui banyak pengalaman dan tantangan yang telah membawa kamu pada apa yang kamu kuasai sekarang.
Buat Grid yang Unik
Jangan meremehkan kekuatan desain komunikasi visual.
Ketika ingin mempresentasikan sebuah merek, pelanggan akan mengenali produk dengan logonya terlebih dahulu atau pilihan warnanya.
Jika kamu melihat softdrink dan label warna merah pada botolnya, kamu akan tahu bahwa itu adalah Coca Cola.
Lakukan hal yang sama dengan profil Instagram kamu sendiri dan buat grid kamu konsisten serta menarik secara visual.
Ini bukan hanya tentang warna tetapi juga struktur dan simetris.
Pastikan untuk tetap menggunakan satu filter gambar untuk konsistensi warna atau buat lebih kreatif dengan gambar kolase.
Tips lainnya adalah menambahkan beberapa kutipan pada satu latar belakang warna atau memposting objek yang sama pada setiap gambar ketiga atau keempat berturut-turut.
Dengan aliran posting foto yang terorganisir ini, kamu bisa mulai menceritakan kisah atau brand kamu.
Grid unik dan rapi memungkinkan followers tetap setia karena mereka akan menunggu lebih banyak pos yang akan datang.
Beri Geotag Pada Gambar
Saat kamu mengunjungi tempat-tempat yang sangat menakjubkan, pastikan untuk memberi geotag pada foto kamu.
Pengguna Instagram yang pernah ke sana atau berencana mengunjungi restoran atau kota keren yang kamu tandai akan melihat foto kamu.
Ini berpotensi mereka akan memfollow kamu karena mereka merasa memiliki kesamaan dengan kamu.
Jika kamu melihat orang-orang mulai menggunakan geotag, mulailah bersosialisasi.
Tulis komentar dan mulailah mengikuti konten Instagram mereka, maka mereka akan follow back kamu.
Baca juga: Tampar Chris Rock, Followers Will Smith Nambah 1,6 Juta
Bekerjasama Dengan Influencer Instagram
Bergabunglah dengan blogger dan Influencer terkenal, dan populer. Dengan cara ini kamu bisa saling bertukar followers.
Pastikan berkolaborasi dengan influencer yang memiliki minat atau topik yang sama karena, audiens akan lebih cenderung mengikuti kamu.
Sulit untuk memaksa pria yang mengikuti akun otomotif dan memaksa untuk mengikuti akun yang berbicara tentang produk kecantikan.
Jika suatu brand atau influencer tidak menanggapi kamu, cobalah mengirim email pengantar singkat ke tim pemasaran mereka.
Jangan takut untuk meminta posting yang dipromosikan. Habiskan sejumlah uang untuk peningkatan profil kamu demi memperluas jangkauan sosialmu.
Maksimalkan bio Instagram Kamu
Bio IG akan menjadi interaksi pertama yang dilakukan banyak orang dengan brand kamu, jadi kamu perlu menonjol dari yang lain.
Di akun IG bisnis, kamu harus jelas dan ringkas tentang apa yang dilakukan bisnis kamu.
Tips lainnya adalah memaksimalkan potensi tautan bio Instagram kamu dengan menggunakan alat seperti LinkGallery tools penyingkat URL populer.
Kamu juga dapat menggunakan fitur analitik bawaan untuk melihat tautan mana yang paling diminati calon pelangganmu.