Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Mahasiswa UNNES Demo Bikin Minyak Goreng Kelapa Lokal, Gini Caranya

Mahasiswa UNNES gelar demo membuat minyak goreng dari kelapa loka.Mahasiswa UNNES gelar demo membuat minyak goreng dari kelapa lokal. (dok. UNNES)

Topcareer.id – Demi mengatasai kelangkaan minyak goreng dan harganya yang melambung naik, mahasiswa di jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT UNNES) gelar demo cara pembuatan minyak goreng.

Minyak goreng yang dibuat oleh mahasiswa UNNES ini memanfaatkan kelapa lokal, jadi bukan menggunakan kelapa sawit.

“Melihat realita saat ini dimana kebutuhan dasar rumah tangga terutama minyak goreng yang melambung tinggi, membuat masyarakat harus mencari alternatif lain. Salah satunya, yang bisa diolah menjadi minyak goreng selain kelapa sawit adalah kelapa lokal,” kata dosen pendamping Meddiati Fajri Putri SPd MSc IPM, dikutip dari laman resmi UNNES.

Meddiati Fajri menyampaikan popularitas minyak kelapa masih kalah dibanding minyak, untuk itu mahasiswa FT UNNES tergugah untuk memanfaatkan kelapa lokal yang dijadikan minyak goreng.

“Di Indonesia sendiri, pohon kelapa bisa tumbuh subur di banyak titik tempat sehingga ketersediaannya bisa mendukung untuk memenuhi kebutuhan minyak kelapa,” jelasnya.

Selanjutnya, Meddiati menyampaikan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat minyak kelapa yaitu Kelapa tua, Air secukupnya, Saringan, Parutan, Wadah untuk menyimpan minyak kelapa.

Begini cara membuatnya:

1. Pisahkan air kelapa di wadah, kemudian parut daging buah kelapa yang sudah dicuci.
2. Setelah di cuci, campurkan parutan kelapa dengan air kelapa.
3. Setelah itu uleni campuran tersebut dan peras untuk mengambil santannya.
4. Panaskan santan kelapa sambil diaduk terus.
Pada proses ini jika minyak yang terpisah dari blendo sudah berwarna kekuningan maka berhenti untuk mengaduk.
5. Proses terkahir tunggu hingga dingin lalu saring untuk mendapatkan minyak kelapa yang bersih dan jernih.

Baca juga: Nggak Asal Banyak Minum, Ini Tips Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Meddiati juga memberikan tips untuk teknik pengelolaan minyak kelapa, ia mengatakan untuk pemanasan parutan daging kelapa menggunakan api sedang, hal itu dilakukan agar kadar minyak keluar dengan maksimal dari larutan santan yang dipanaskan.

“Kalau apinya terlalu besar maka kadar minyak yang dikeluarkan tidak maksimal,” ujar Meddiati.

Meddiati mengatak bahwa sepuluh butir kelapa lokal bisa menjadi kurang lebih 1 liter minyak goreng. Dalam pembuatannya, mahasiswa FT UNNES juga mencampurkan daun pandan dan daun sereh kedalam olahan minyak goreng kelapa.

Hal tersebut bertujuan minyak kelapa awet tanpa mengalami bau tengik sekalipun kondisinya tertutup dan terbuka hingga berinteraksi dengan udara.

Menurut Meddiati, kelapa lokal ini memiliki beragam manfaat. Salah satunya juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

“Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa ini sangat baik karena berasal dari Nabati, yang tidak kalah penting minyak kelapa ini tidak meningkatkan kolesterol,” ucap Meddiati.

Selain itu, tambahnya, kombinasi kandungan asam lemak pada minyak kelapa dipercaya memiliki efek positif bagi kesehatan mulai dari menghilangkan lemak, menurunkan potensi penyakit jantung dan lainnya.

Leave a Reply