Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tanda Persahabatan dengan Rekan Kerjamu Beracun (Bagian 1)

Apakah menjadi masalah jika tak memiliki teman baik di tempat kerja?

Topcareer.id – Memiliki orang kepercayaan atau teman berbagi di kantor memang bisa membuat hari kerja yang panjang bisa berjalan lebih cepat. Bahkan, menjadi dorongan penyemangat. Tapi, persahabatan yang dibuat di tempat kerja memiliki ketegangan tersendiri.

Teman yang baik dapat memberikan dukungan tanpa syarat kepadamu, tetapi persahabatan rekan kerja harus memiliki batasan agar tetap profesional. Ketika seorang teman kerja mulai melewati batas-batas itu, itu adalah tanda peringatan.

Berikut adalah beberapa tanda bahaya yang menunjukkan bahwa persahabatan kerja tidak lagi sehat dan bahkan dapat menjadi racun bagi kariermu.

1. Temanmu mengharapkanmu untuk memihak mereka di tempat kerja sepanjang waktu

“Persahabatan membutuhkan tingkat favoritisme. Itu bisa melukai persahabatan jika sepertinya kamu tidak menguntungkan orang itu,” kata Jessica Methot, seorang peneliti manajemen sumber daya manusia di Universitas Rutgers yang telah mempelajari manfaat dan kerugian dari persahabatan di tempat kerja.

Tetapi di tempat kerja, kamu tidak dapat menunjukkan bias semacam ini kepada satu rekan kerja. Seorang teman yang baik memahami bahwa kamu perlu mempertahankan batasan profesional ini untuk melakukan pekerjaanmu.

Namun, seorang teman kerja yang beracun mungkin mengharapkanmu untuk memihak mereka dalam perselisihan proyek atau memberi tahu mereka informasi orang dalam yang kamu dengar dari rapat dan terluka jika kamu tidak membagikannya.

Baca juga: Mau Beralih Karier Usai Pandemi? Begini Caranya

Patricia Sias, seorang peneliti di University of Arizona yang mempelajari persahabatan di tempat kerja, menemukan bahwa ekspektasi yang bertentangan adalah salah satu dari lima cara utama memburuknya persahabatan di tempat kerja.

2. Kemampuanmu untuk menyelesaikan pekerjaan akan terancam jika kamu mengakhiri pertemanan

Jika kamu takut mendapatkan sisi buruk teman kerjamu karena kamu telah melihat mereka mengeluarkan semua uneg-unegnya, itu pertanda bahwa hubungan itu memiliki fondasi yang beracun.

“Jika kamu mengenal seseorang dengan cukup baik, kamu tahu kemampuan mereka. Jika kamu takut dengan apa yang mereka mampu, kamu telah menemukan seseorang yang sangat beracun,” kata Tanisha Ranger, seorang psikolog klinis yang berbasis di Nevada.

Mempertahankan persahabatan karena ketakutan itu nantinya bisa berimbas tidak sehat untuk kesejahteraanmu atau umur panjangmu yang berkelanjutan di perusahaan.

Tinggalkan Balasan