Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tol Jakarta – Cikampek Diprediksi Padat, Masyarakat Diimbau Lewat Pantura

Ilustrasi pemudik dengan kendaraan pribadi.Ilustrasi. (dok. Detiknews)

Topcareer.id – Pemerintah mengimbau, masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal, serta memanfaatkan jalur pantai utara Jawa (Pantura) dan jalur Pantai Selatan (Pansela).
Hal itu disampaikan lantaran, diprediksi tol Jakarta – Cikampek akan mengalami kepadatan di hari puncak mudik, yakni H-4 (28 April 2022).

Dalam tinjauan oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy ke Rest Area Km 57 Tol Jakarta – Cikampek, Kabupaten Karawang pada Selasa (26/4/2022), ia mengatakan bahwa tata kelola lalu lintas menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mensukseskan penyelenggaraan mudik pada tahun ini.

Ia menambahkan, animo masyarakat yang akan mudik sangat tinggi, bahkan diprediksi melebihi jumlah pemudik pada tahun 2019 sebelum pandemi.

Pada kesempatan yang sama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan, beberapa hari terakhir pergerakan di Jabodetabek sudah naik 5 persen dan yang ke arah timur (Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur) sudah naik sekitar 11 persen.

“Kami mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal,” kata Menhub dalam keterangan resminya.

Baca juga: Kebijakan PPKM Diperpanjang Sampai 9 Mei 2022

Menhub menjelaskan, untuk mengendalikan pergerakan lalu lintas, sudah disiapkan 4 (skema) rekayasa lalu lintas yakni : contra flow, one way, ganjil genap, dan pembatasan truk sumbu tiga.

“Rekayasa lalin ganjil genap dan one way akan diberlakukan di tanggal 28 sampai dengan 30 April 2022. Untuk itu, yang mau mudik ke Jateng dan Jatim agar secepatnya mudik sehingga tidak membebani jalan di hari puncak,” jelasnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan beberapa jalur alternatif selain jalan tol. Pihaknya, telah menyiapkan sejumlah pos pelayanan disejumlah titik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beristirahat sejenak.

“Kami akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, namun kami tetap mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal guna menghindari kepadatan di hari puncak,” tuturnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, masyarakat dapat menggunakan jalur selatan Jawa, melewati Subang, Garut, Pangandaran, Sukabumi, sampai pacitan. “Kondisi jalan bagus dan instagramable,” katanya.

Leave a Reply