Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cari Pekerjaan di Usia 50? Ini Tips Jitunya!

Ilustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Akibat pandemi COVID-19 banyak perusahaan melakukan perampingan jumlah karyawan, akibatnya tak hanya karyawan milenal saja yang terkena dampak, mereka dari generasi boomers yang kini berusia 50-an pun banyak yang kehilangan pekerjaan.

Kini mereka yang sudah berusia 50 tahun dan pengangguran harus mampu bersaing dengan orang yang lebih muda untuk mendapatkan pekerjaan.

Menemukan pekerjaan untuk usia 50-an mungkin tampak agak sulit.

Terlebih lagi pada usia 50-an banyak orang mungkin merasa seolah-olah mereka sudah tidak memiliki keterampilan atau energi yang bisa mereka jual.

Berikut ini tips untuk mendapatkan pekerjaan di usia 50-an.

Siapkan diri
Jika kamu berusia 50 tahun sekarang dan ingin mencari pekerjaan, pertama-tama kamu harus memeriksa diri sendiri.

Sebelum mencoba mencari job baru, buat penilaian yang jujur ​​tentang kekuatan dan kelemahan kamu serta hal apa yang kamu suka dan apa yang tidak kamu suka.

Kemungkinannya bagus bahwa pada usia 50 kamu telah memperoleh banyak pengalaman dan pengetahuan yang jauh lebih dihargai oleh pemberi kerja daripada kaum muda.

Selain itu, salah satu kunci untuk menemukan pekerjaan saat kamu berusia 50 tahun atau lebih adalah mencocokkan keterampilan pada karier dengan peluang pertumbuhan yang baik.

Identifikasi peluang karier
Pasar pekerjaan selalu menampilkan karier di mana pertumbuhan lapangan kerja tinggi dan pekerja langka.

Jika kamu berusia 50 tahun dan membutuhkan job dengan cepat, kamu mungkin harus mengorbankan kepuasan kerja jangka pendek.

Sementara ambil dulu job yang bisa membayar tagihan kamu sampai kamu bisa mengidentifikasi pilihan karier yang lebih memuaskan.

Tingkatkan keterampilan
Pada usia 50-an kamu mungkin merasa bahwa sudah terlambat untuk memperoleh keterampilan kerja baru, tetapi untungnya tidak demikian.

Saat ini banyak situs web yang menawarkan pelatihan dan pendidikan keterampilan kerja online dan sebagian besar gratis untuk banyak golongan usia.

Pilihlah kursus yang tepat untuk menambah keterampilan kamu sehingga bisa menjadi nilai tambah kamu ketika mencari job baru.

Baca juga: Menunda Pekerjaan di Kafe Ini Bisa Kena Omel Lho!

Gunakan jaringan dan update resume
Berapa pun usia kamu, selalu gunakan jaringan teman dan keluarga sebagai sumber untuk mencari pekerjaan baru.

Web juga dipenuhi dengan situs pekerjaan online hingga yang menawarkan karier pekerjaan yang sangat spesifik.

Begitu kamu berusia 50 tahun, penting juga untuk memiliki resume yang ditulis dengan baik dan dipoles yang ringkas serta to the point.

Pakar resume menyarankan pekerja yang lebih tua untuk memfokuskan resume pada kemampuan, kualifikasi dan pencapaian, bukan pada jabatan, tugas, dan masa kerja sebelumnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply