Topcareer.id – Penting untuk memiliki keseimbangan antara pekerjaan kamu atau work life balance dan area lain dalam hidup kamu.
Tujuannya agar kamu dapat menjadi lebih produktif, sehat, dan bahagia baik di tempat kerja maupun di luarnya.
Untuk mencapai work life balance ini, rencanakan bagaimana kamu akan menghabiskan hari kamu.
Berikut beberapa tips simple agar kamu bisa lebih menjaga work life balance.
Prioritaskan tugas pekerjaan
Penting untuk menentukan tugas yang paling mendesak untuk hari itu dan mengalokasikan waktu yang cukup untuk menyelesaikannya.
Jika kamu tidak yakin tentang apa yang memerlukan perhatian langsung kamu, mintalah saran dan bantuan dari manajer kamu.
Tanggung jawab lain yang bukan merupakan prioritas tinggi dapat dijadwalkan di kemudian hari atau didelegasikan kepada rekan kerja lain.
Ini akan membantu kamu tetap stabil di atas beban kerja dan membatasi jumlah jam yang kamu habiskan di tempat kerja.
Struktur waktu di tempat kerja
Setelah kamu berhasil menentukan prioritas, coba susun hari kamu.
Dengan mengelompokkan tugas-tugas serupa bersama-sama, kamu dapat lebih efisien dalam menyelesaikan semua pekerjaan harian.
Kamu kemudian akan dapat menyelesaikan tugas-tugas prioritas tinggi terlebih dahulu, tugas-tugas prioritas menengah berikutnya dan seterusnya.
Ini akan memberimu kebebasan untuk mengalokasikan waktu istirahat di siang hari.
Pastikan kamu bisa dengan nyaman memenuhi tenggat waktu untuk berbagai aktivitas.
Istirahat
Kamu harus meluangkan waktu pribadi di siang hari untuk kegiatan yang tidak terkait dengan pekerjaan.
Saat istirahat makan siang, kamu dapat berlari atau terlibat dengan rekan kerja di tingkat sosial.
Juga pertimbangkan untuk mengambil istirahat lebih pendek sepanjang hari untuk menjalankan tugas pribadi jika kamu tidak punya waktu untuk melakukannya sebelum atau sesudah bekerja.
Baca juga: Cara Unik Bos Microsoft Memandang Work Life Balance
Manfaatkan liburan tahunan atau cuti
Jika kamu tidak dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri di siang hari, pertimbangkan untuk mengambil cuti panjang.
Saat cuti kamu akan bisa meluangkan waktu untuk hobimu, seperti contohnya pergi liburan keluar negeri.
Mengambil waktu ini dari pekerjaan, memungkinkan kamu untuk mendedikasikannya dalam menjalani hobi dan menghabiskan waktu bersantai.