Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kebanyakan Selfie Malah Bikin Nggak Percaya Diri?

Ilustrasi foto selfie.Ilustrasi. (dok. Dx0mark)

Topcareer.id – Selfie saat ini jadi andalan dalam bersosialisasi, di mana pun, kapanpun, bahkan siapapun. Tapi, realitanya semua orang menyukai selfie yang bagus. Rasanya jarang ada yang posting foto selfie ‘mentah’ tanpa editan untuk sosial media. Itu yang bisa bikin berbahaya, apalagi untuk wanita yang lebih muda.

Para peneliti dari Flinders University baru-baru ini menerbitkan sebuah penelitian di Body Image, di mana mereka menentukan bahwa anak perempuan dan perempuan muda tidak boleh menghabiskan banyak waktu mengedit selfie mereka untuk media sosial. Itu karena dampak negatif yang ditimbulkan pada pemikiran mereka sendiri tentang gambaran diri mereka.

Peneliti psikologi di sekolah itu meminta 130 perempuan berusia antara 18 hingga 30 untuk mengukur kecenderungan selfie mereka. Studi ini menargetkan perempuan yang “kurus dan rata-rata ukurannya,” menurut siaran pers, dikutip dari The Ladders.

Ketika menganalisis kebiasaan selfie partisipan, para peneliti menemukan bahwa semakin lama para perempuan mengedit dan memposting selfie, itu memperburuk suasana hati dan ketidakpuasan mereka tentang penampilan wajah mereka. Itu artinya, orang-orang tidak menyukai apa yang mereka lihat.

Para peserta menghabiskan rata-rata 4 menit dan 30 detik untuk mengedit lima foto. Pengeditan mereka fokus pada menghaluskan dan mengubah warna kulit, mengubah lingkaran mata gelap, dan membentuk kembali wajah mereka dan menghapus apa yang tidak mereka sukai.

Proses nitpicking itu membuat profesor Universitas Flinders Marika Tiggemann sampai pada kesimpulan bahwa persepsi wanita tentang diri melalui selfie bisa datang dengan efek yang merugikan.

Baca juga: 7 Mitos Yang Salah Tentang Introvert Dan Ekstrovert (Bagian 2)

“Kami menemukan peningkatan ketidakpuasan setelah tugas selfie didasarkan pada sejauh mana pengeditan dilakukan,” kata Tiggemann dalam sebuah pernyataan

“Ini menunjukkan bahwa selfie dengan pengeditan bukanlah proses yang ramah, tetapi memiliki konsekuensi negatif, meskipun para peserta melaporkan lebih bahagia dengan selfie yang telah diedit daripada foto aslinya.”

Ia menambahkan, banyak wanita dan anak perempuan menghabiskan waktu dan usaha yang cukup besar dalam mengambil dan memilih foto diri mereka, misalnya, menemukan pencahayaan terbaik dan sudut yang paling bagus.

“Yang kemudian dapat lebih ditingkatkan dengan filter atau pengeditan digital untuk memaksimalkan penampilan dan daya tarik mereka.”

Tiggemann mengatakan temuan studi ini menunjukkan kesulitan yang dihadapi perempuan dalam bernegosiasi dengan “dunia media sosial kontemporer.

“Saran ini masing-masing konsisten dengan dua prediktor unik peningkatan ketidakpuasan wajah, seperti berpikir tentang bagaimana orang lain akan menilaimu, dan berpikir tentang membuat dirimu terlihat lebih baik daripada yang kamu lakukan dalam kehidupan nyata,” katanya.

Ini bukan pertama kalinya penggunaan media sosial dikaitkan dengan pengalaman emosional negatif. Sementara beberapa mengambil lebih dari delapan foto diri dalam sehari, penelitian telah menunjukkan bagaimana selfie mengambil tingkat kecemasan bagi wanita, sementara mengalami penurunan kepercayaan diri atau perasaan menarik.

Leave a Reply