Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini 5 Tanda Startup Kamu bakal Sukses!

Topcareer.id – Memulai sebuah perusahaan startup bisa dikatakan bahwa hingga sekitar 96% nya mengalami kegagalan dalam satu dekade.

Sementara kegagalan selalu menghantui dunia startup, harusnya kegagalan bisa menjadi pengalaman belajar.

Daripada berfokus pada tanda-tanda bahwa startup akan gagal, sepertinya sesekali kita juga harus melihat tanda-tanda bahwa startup akan maju.

Berikut ini lima tanda perusahaan startup yang berjalan lancar menuju kesuksesan.

1) Mulai beroperasi di waktu yang tepat
Kamu pastu pernah mendengar tentang keberuntungan dalam hal startup yang sukses karena launching di waktu yang tepat.

Pendiri IdeaLabs, Bill Gross, memeriksa lima perusahaan berkinerja terbaiknya, lima kegagalan terbesarnya, dan pengganggu non-IdeaLab seperti Airbnb dan Uber.

Marissa Levin menulis di Inc.com bahwa “satu-satunya prediktor keberhasilan atau kegagalan terbesar – untuk setiap bisnis startup yang dia evaluasi – adalah waktu.”

2) Konsumen yang menemukan lebih dulu
Apa kesamaan Facebook, Pinterest, dan Snapchat?

Konsumen, bukan investor atau blog teknologi yang pertama menemukannya.

Facebook sudah digunakan oleh lebih dari 85% mahasiswa pada saat pertama kali ditulis di TechCrunch pada September 2005.

Ketika Andreessen Horowitz menjadi investor besar pertama di Pinterest, platform ini sudah lebih dulu memiliki satu miliar tampilan halaman bulanan.

Investor memperhatikan Snapchat setelah platform ini menjadi kegemaran di kalangan remaja.

Seperti yang Alyson Shontell nyatakan di Business Insider, “Begitu sebuah startup bisa menarik banyak pelanggan, sisanya tinggal pesta makan.”

3) Perusahaan memiliki uang yang cukup di Bank
Berapa kali kamu mendengar tentang perusahaan yang gagal karena mereka benar-benar memiliki arus kas positif, tabungan darurat, dan cukup uang untuk membawa mereka ke tingkat berikutnya? Sepertinya nyaris tidak ada.

Startup yang sehat didanai dengan baik dan melakukan banyak penilaian serta perencanaan yang cermat.

4) Perusahaan penuh oleh tim yang hebat
Tidak peduli seberapa visioner kamu dan ide kamu, jika orang-orang di sekitarmu tidak ada yang berkualitas, itu hanya akan menghancurkan.

Tim kamulah yang akan menjadi pendukung pertama dan terbesarmu, serta orang-orang hebat yang akan mengubah ide kamu menjadi kenyataan.

Baca juga: 6 Kekurangan Bekerja di Perusahaan Startup, Pikir sebelum Melamar!

Karyawan seperti apa yang harus dilibatkan dalam startup kamu?

  • Berkarakter
  • Multi-keterampilan
  • Dapat diandalkan
  • Positif
  • Bertanggung jawab
  • Proaktif
  • Rajin
  • Disiplin diri
  • Berdedikasi

Jika berhasil merekrut orang-orang seperti ini, maka kamu bisa yakin bahwa startup kamu adalah sesuatu yang bisa maju dan penuh dukungan.

5) Selalu melihat tujuan besar ke depan dan berusaha meraihnya
Ketika perusahaan startup dalam masalah, biasanya akan mulai panik. Menjual aset, memberhentikan karyawan, atau mulai mempertimbangkan kapan saatnya untuk berhenti.

Perusahaan startup yang sukses, bagaimanapun, akan melakukan yang sebaliknya dengan terus melihat ke depan dan memikirkan gambaran besarnya.

Ini termasuk membayangkan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan seperti memperluas pasar atau bagaimana dunia akan menjadi lebih baik setelah perusahaanmu mencapai tonggak sejarah baru.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply