Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Agustus 10, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

KSP Dorong UMKM Hadir dalam KEK Tanjung Kelayang

Topcareer.id – Kantor Staf Presiden (KSP) berharap pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) mampu menjadi katalisator perekonomian daerah. Oleh karenanya, selain mengupayakan percepatan pengembangan KEK Tanjung Kelayang di Kab. Belitung, KSP juga memastikan UMKM hadir di kawasan KEK.

“Sejauh ini, KSP telah aktif mengupayakan masuknya produk UMKM dan sektor usaha desa wisata di sekitar dan di dalam wilayah KEK,” kata kata Deputi III Kepala Staf Kepresidenan, Panutan Sulendrakusuma, Jumat (17/6).

“Proses percepatan pengembangan KEK Tanjung Kelayang diharapkan dapat segera dilakukan melalui aktivitas-aktivitas yang menarik wisatawan, event-event berskala internasional, travel fair, gelar produk UMKM, dan memperbanyak liputan media baik lokal maupun asing,” imbuhnya.

Bukan hanya memimpin koordinasi di sektor pariwisata dan ekonomi saja, KSP juga melakukan koordinasi percepatan pembangunan infrastruktur fisik menuju KEK Tanjung Kelayang.

Panutan pun berharap, KEK yang menjadi salah satu dari 10 destinasi prioritas ini mampu menyerap tenaga kerja dan meningkatkan taraf perekonomian di Belitung, utamanya pasca pandemi COVID-19.

Baca juga: KSP Maksimalkan Penyerapan Tenaga Kerja di KEK Tanjung Kelayang

Perlu diketahui, KEK merupakan salah satu program prioritas nasional yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024. KSP, sebagai lembaga yang mengawal program prioritas nasional pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, turut melakukan monitoring dan evaluasi program KEK.

KEK Tanjung Kelayang mendapatkan perhatian khusus KSP karena Dewan Nasional KEK melaporkan bahwa Tanjung Kelayang masuk dalam kategori belum optimal, sehingga perlu mendapatkan stimulus atau dorongan dari pemerintah.

Terlepas dari itu, pihak pengelola KEK Tanjung Kelayang patut diapresiasi karena komitmennya dalam menyediakan infrastruktur dan utilitas ramah lingkungan. Penyediaan air bersih dipastikan akan berkelanjutan dan tidak merusak. Bahkan semua aktivitas pembangunan dan pengembangan akan berprinsip pada jejak karbon yang rendah dan zero run-off.

Sementara itu, Direktur PT Belitung Pantai Intan sebagai pengelola KEK Tanjung Kelayang, Daniel Alexander, mengapresiasi peran KSP dalam mendorong pengembangan KEK Tanjung Kelayang.

Lebih jauh, Ia optimis KEK Tanjung Kelayang akan segera mendatangkan devisa negara dengan mendatangkan investasi baik dari lokal maupun dari mancanegara.

“Kami sangat berharap penerbangan langsung dari Singapura dan Malaysia dapat dibuka kembali seperti sebelum pandemi COVID-19, hal ini guna menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang ke KEK Tanjung Kelayang,” harapnya.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan