Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

6 Destinasi di Indonesia untuk Kamu yang Mau Work From Anywhere

Yogyakarta. Dok/Gotravelaindonesia.com

Topcareer.id – Renacana sistem kerja Work From Anywhere (WFA) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) tengah digodok oleh pemerintah. Sementara, sistem kerja WFA ini bukan hal baru untuk beberapa industri, malah telah diterapkan untuk beberapa perusahaan dengan skala multinasional.

Meski banyak dari pekerja yang WFA melakukannya di kafe, sebenarnya banyak tempat menarik, khususnya di Indonesia, yang bisa jadi destinasi untuk WFA dan tetap produktif kerja. Menurut rekomendasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut beberapa destinasinya.

1. Bali

Sebanyak apapun pekerjaan yang dimiliki, pastikan menyempatkan waktu untuk liburan. Tidak perlu mengambil cuti, kamu yang WFA bisa liburan dengan tenang sambil bekerja dari Ubud.

Ubud identik dengan pemandangan hijau, dijamin dapat menyegarkan mata kembali setelah seharian menghadap layar laptop. Supaya lebih nyaman dan fokus bekerja, kamu bisa menyewa vila di sekitar Ubud yang dikelilingi dengan pepohonan dan hamparan sawah hijau.

2. Yogyakarta

Selain cocok buat liburan, Yogyakarta turut menjadi tempat yang nyaman untuk WFA. Tidak hanya di kafe kekinian, Yogyakarta memiliki berbagai destinasi wisata alam yang menenangkan, guna meningkatkan fokus dan produktivitas kerja.

Jika kamu menginginkan bekerja di tempat sejuk, maka Kaliurang adalah tempat WFA yang disarankan. Namun, apabila ingin bekerja dengan pemandangan laut jernih layaknya di Bali, tidak ada salahnya memilih Gunung Kidul yang memiliki banyak pantai pasir putih yang memukau.

3. Bandung

Destinasi workcation yang tidak jauh dari Jakarta adalah Bandung. Selain bekerja di coworking space atau kafe yang ada di Jalan Braga, Bandung juga punya banyak destinasi wisata yang menawarkan pemandangan dan suasana pegunungan yang masih sangat asri.

Satu daerah yang cocok untuk bekerja, liburan, sekaligus healing di Bandung adalah Lembang. Selain memiliki suasana yang masih sangat asri, Lembang juga dikenal dengan udaranya yang sejuk dan menyegarkan sehingga bisa bekerja lebih nyaman.

Baca juga: Ruangan Seperti Apa Yang Bikin Produktif Saat Kerja Di Rumah?

4. Salatiga

Dijuluki sebagai Kota Terindah di Jawa Tengah, tidak heran jika Salatiga kerap menjadi incaran wisatawan untuk berlibur. Identik dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah, menjadikan Salatiga sebagai tempat yang nyaman untuk bekerja dengan tenang.

Salah satu destinasi wisata yang cocok untuk WFA di Salatiga adalah Desa Wisata Kopeng. Di sini terdapat banyak kafe yang menyuguhkan pemandangan Gunung Merbabu, sehingga membuat beban pekerjaan terasa lebih “ringan”.

5. Malang

Disebut sebagai kota sejuta pesona, sangat masuk akal jika Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk liburan sekaligus menyenangkan untuk bekerja. Kota Batu menawarkan keindahan yang dapat menunjang produktivitas kerja, karena dikelilingi pegunungan dan bukit yang indah.

6. Labuan Bajo

Selain Work From Bali, Labuan Bajo turut menjadi destinasi wisata yang sangat cocok untuk WFA. Untuk fasilitas tidak perlu khawatir, salah satu destinasi super prioritas ini sudah dilengkapi dengan penginapan dan fasilitas yang mendukung kegiatan bekerja secara online.

Setelah selesai bekerja, Sobat Parekraf bisa langsung mengunjungi tempat wisata yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Waecicu, yang menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang eksotis.

Leave a Reply