Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Agustus 9, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kenapa Hari Senin Paling Banyak Dibenci Orang? (Bagian 1)

Topcareer.id – Dari tujuh hari dalam seminggu, Senin bisa dibilang memiliki penggemar yang paling sedikit.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa suasana hati orang biasanya berada pada titik terendah pada hari Senin.

Hari Senin juga kerap menjadi subjek sejumlah lagu dengan sentimen yang agak melankolis, termasuk “Monday, Monday” oleh Mamas & the Papas, “Rainy Days and Mondays” oleh the Carpenters, “I Don’t Like Mondays” oleh Boomtown Rats dan “Manic Monday” oleh Bangles.

Tapi apa sebenarnya yang membuat hari Senin begitu dibenci secara psikologis? Berikut ini penjelasannya berdasarkan penelitian.

Bagian pertama dari artikel:

Ritme alami tubuh kacau
Ada faktor fisiologis yang melibatkan siklus alami tubuh yang membantu menjelaskan mengapa hari Senin bisa terasa begitu berat, terutama bagi yang menjalani hari kerja tradisional Senin-Jumat.

Masalah utama adalah bahwa kamu cenderung menjalani jadwal tidur yang berbeda selama akhir pekan dibandingkan dengan hari kerja.

“Mendapatkan tidur ekstra di akhir pekan adalah hal yang baik, tetapi mengubah pola tidur setiap lima hingga enam hari dapat mengganggu ritme alami tubuh,” kata Sanam Hafeez, seorang neuropsikolog di New York.

“Jadi, bahkan jika Anda mendapatkan istirahat malam yang baik pada Minggu malam, Anda mungkin masih merasa mengantuk pada hari Senin. Saat kita lelah, kita lebih mudah tersinggung, tidak sabar, dan tidak senang daripada biasanya.”

Orang-orang suka menganggap akhir pekan sebagai waktu istirahat dan peremajaan, di mana pada kenyataannya, banyak dari kita menjejalkan sebanyak mungkin makan dan minum terlalu banyak dan tidur lebih lambat dari biasanya saat akhir pekan.

Oleh karena itu, pada hari Senin orang akan merasa lebih lelah dari yang diinginkan dan secara langsung berkorelasi dengan suasana hati yang rendah.

Kehilangan rasa kebebasan
Alasan paling umum orang merasa hari Senin begitu menyebalkan dan berat adalah karena Senin berada tepat setelah dua hari libur.

Meskipun weekend masih merupakan waktu yang sibuk seperti hari kerja, tetapi ada banyak momen untuk bersantai, bukan untuk bekerja.

Pergeseran emosional besar-besaran ini dapat membuat hari Senin benar-benar mengerikan dan berat bagi sebagian orang.

Kamu tidak mencintai pekerjaanmu
Alasan umum lainnya untuk benci hari Senin adalah kamu tidak menyukai pekerjaanmu atau merasa sangat stres.

Kamu bahkan mungkin merasakan respons tubuh dalam bentuk adrenalin.

Merasa tidak selaras dengan tujuanmu di tempat kerja juga dapat membuat hari Senin terasa menjadi lebih sulit.

Baca juga: 7 Hal Simple yang Bisa Bikin Senin Kamu Produktif

Kamu tidak mempersiapkan diri
Alasan lain mengapa hari Senin bisa sangat berat bagi sebagian orang adalah karena mereka mungkin tidak bersiap untuk awal minggu.

Senin bisa terasa sangat melelahkan bagi orang-orang, tetapi banyak yang gagal menyadari bahwa mereka dapat melakukannya untuk diri mereka sendiri.

Ketika seseorang gagal mempersiapkan diri, mereka secara tidak sadar mempersiapkan diri untuk gagal.

Jika hari Minggu tidak digunakan untuk mengatur diri sendiri, hari Senin bisa menjadi peristiwa yang sangat menegangkan dan tak tertahankan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan