Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
LifestyleTren

10 Hal yang Bikin Kamu Makin Pelupa (Bagian 1)

Ilustrasi (dok. Rebounds Sports Med)

Topcareer.id – Melupakan sesuatu bukan sesuatu yang aneh, dan lumrah terjadi pada setiap manusia. Memori bisa berubah-ubah. Tapi, jika sering menjadi pelupa, bahkan untuk hal-hal penting dan sulit dipahami, itu bisa membuat frustasi diri sendiri.

Meskipun beberapa kehilangan memori dan kelupaan adalah normal seiring bertambahnya usia, menurut National Institute on Aging, beberapa hal dapat memperburuk kelupaan berapa pun usia.

“Ada sejumlah kebiasaan umum yang bisa membuat kita lebih pelupa,” kata Michele Goldman, psikolog dan penasihat media Hope for Depression Research Foundation. Berikut adalah 10 hal yang bisa membuatmu jadi sering pelupa.

1. Kurang tidur

Tidur memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan daya ingat. Kurang tidur dapat memengaruhi kemampuanmu untuk mempelajari hal-hal baru hingga 40%, dan dapat memengaruhi bagian hipokampus otakmu, yang bertanggung jawab untuk membuat ingatan baru.

“Tidur memungkinkan otak kita untuk memulihkan. Tahap tidur tertentu, termasuk tidur REM, secara khusus terkait dengan konsolidasi memori atau proses informasi yang baru dipelajari diubah menjadi memori jangka panjang,” kata Goldman, dikutip dari laman HuffPost.

Goldman menambahkan, tidak cukup tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat membuat kita lebih pelupa karena informasi baru yang kita pelajari tidak disimpan dalam memori jangka panjang kita dan lebih mungkin untuk dilupakan atau hilang.

2. Multitasking

Kogan mengatakan kelupaan sering kali merupakan “masalah perhatian.” Dia menjelaskan bahwa perhatian dan fokus adalah bagian penting dari mengingat informasi.

“Jika kita tidak sepenuhnya memperhatikan, teralihkan, atau kita tidak dalam kondisi mental untuk menyimpan informasi, maka kita tidak akan sepenuhnya memperhatikan informasi tersebut, yang mengakibatkan apa yang tampak seperti kelupaan,” kata Julia Kogan, psikolog kesehatan di Florida.

Baca juga: Kerja Duduk 6-8 Jam Sehari Tingkatan Risiko Kematian Dini

3. Tidak berolahraga atau menggerakkan tubuh

“Olahraga penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan, termasuk memori Anda,” kata Valentina Dragomir, seorang psikoterapis dan pendiri PsihoSensus Therapy dan PsihoSensus Academy.

Ia mengatakan, olahraga meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu melindungi sel-sel otak. Juga, ada penelitian yang menunjukkan kebiasaan menetap terkait dengan penipisan di beberapa daerah otak yang penting untuk memori.

4. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

“Obat-obatan seperti antidepresan, obat alergi, penstabil tekanan darah, dan banyak lagi dapat memengaruhi memori karena sifat sedatifnya,” kata Sanam Hafeez, seorang neuropsikolog, anggota fakultas pengajar di Universitas Columbia.

Obat lain yang dapat membuatmu lebih pelupa termasuk benzodiazepin, obat penurun kolesterol, agen antiepilepsi, obat penghilang rasa sakit narkotika, obat antihipertensi, obat inkontinensia, antihistamin dan banyak lagi.

5. Minum alkohol

“Alkohol dapat merusak sel-sel otak dan menyebabkan masalah memori,” kata Dragomir. Menurut penelitian, minum alkohol dalam jangka panjang menyebabkan otak mengecil.

Kogan mengatakan mereka yang memiliki gangguan penggunaan alkohol atau mereka yang pesta minuman keras lebih mungkin mengalami kehilangan memori jangka pendek dan jangka panjang.

Leave a Reply