Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Agustus 9, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jangan Buang Kuning Telur! Ini 5 Manfaat Hebat yang Wajib Kamu Ketahui

Ilustrasi telur rebus. Dok/Cookist

Topcareer.id – Kuning telur memiliki nutrisi yang kaya. Protein telur tersedia baik pada putih telur maupun kuning telur.

Protein ini mampu membantu mendukung pembentukan otot dengan sangat baik, mengatur kadar gula darah, memberikan kekebalan dan kekuatan serta membantu dalam penurunan berat badan.

Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa kuning telur mengandung kolesterol dan karenanya harus dibuang, ternyata tidak semuanya benar.

Berikut adalah beberapa manfaat kuning telur yang mungkin belum kamu ketahui.

Aman dikonsumsi

Kuning telur memiliki konsentrasi yang signifikan tetapi apakah hal itu berdampak langsung pada jantung kamu, belum dapat dipastikan.

Para ahli mengatakan bahwa kolesterol darah LDL yang tidak sehat dinaikkan lebih banyak oleh kandungan lemak jenuh dalam makanan daripada telur.

Oleh karena itu kamu tetap aman mengonsumsi telur dengan kuningnya.

Selain itu, segala sesuatu yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Mengonsumsi 7-8 butir telur dalam sehari dengan kuning telurnya jelas bukan ide terbaik untuk kesehatanmu secara keseluruhan.

Sumber kolin

Menurut Praktisi Kesehatan dan ahli gizi Makrobiotik Shilpa Arora ND, “Kuning telur adalah sumber kolin yang paling terkonsentrasi, dan komponen kunci asetilkolin – salah satu neurotransmiter utama otak.”

Selama kehamilan dan menyusui, pasokan kolin yang cukup sangat penting, karena kolin sangat penting untuk perkembangan otak normal bayi.

Kaya vitamin

Kuning telur mengandung vitamin A, D, E dan K bersama dengan lemak omega-3 akan meningkatkan antioksidan.

Dibandingkan dengan putihnya, kuning telur juga kaya akan folat dan vitamin B12.

Baca juga: Kuning Telur Berwarna Pucat, Amankah Bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya

Melindungi mata

Menurut buku ‘Healing Foods’ kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthine yang membantu melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia

Kuning telur juga mengandung triptofan dan tirosin, serta asam amino yang membantu mencegah penyakit jantung, catat buku Healing food.

Karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi telur utuh.

Orang dengan kolesterol tinggi atau tekanan darah mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter mereka untuk jumlah telur yang bisa mereka konsumsi per hari.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan