Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Sukses Berkarier di Industri Teknologi dari Karyawan Tokopedia

Ilustrasi.Ilustrasi.

Topcareer.id – Tak bisa disangkal bahwa perkembangan industri teknologi saat ini tumbuh pesat. Talenta yang dibtuhkan pun ikut meluas. Bagi yang ingin terjun di industri teknologi, kamu bisa tiru para karyawan Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, yang berbagi tipsnya bekerja di industri ini.

Dalam acara Tokopedia NextGen, yang bertemakan Lika-Liku Satu Tahun Pertama Bekerja di Industri Teknologi, para Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) membagikan tips menjalani tahun pertama berkarier di industri teknologi.

1. Pahami hal dasar industri teknologi

Industri teknologi adalah bidang profesi yang sangat dinamis. Sebelum memutuskan untuk berkecimpung di industri teknologi, pahami sejumlah pekerjaan mendasar dalam industri teknologi, seperti product management, data analytics, web development, mobile development, UI/UX design, software engineering dan lain-lain.

2. Kemauan tinggi untuk belajar

“Sebagai pemula, kita harus punya kemauan untuk terus belajar demi meningkatkan kemampuan bekerja. Lewat Tokopedia Academy misalnya, yang sering berbagi informasi mengenai dunia teknologi, seperti data, desain produk, pengalaman pelanggan dan masih banyak lagi,” ungkap Data Scientist Tokopedia, Faldi Sulistiawan, dikutip dari pers rilis.

3. Kolaborasi

Setiap anggota perlu memahami tugas atau tanggung jawabnya, serta memiliki kemampuan berkolaborasi, demi mencapai tujuan bersama.

Baca juga: Pengin Naik Jabatan? Cek, Ini Yang Dinilai Bos Saat Promosi Karyawan

“Jangan malu bertanya kepada rekan kerja yang memiliki pengalaman lebih agar bisa memperoleh arahan untuk memperbaiki kinerja kita. Kami di Tokopedia sendiri punya budaya untuk terus belajar seperti seorang murid dan kemauan berbagi seperti seorang guru,” kata Software Engineer Web Platform Tokopedia, Audrey Datau.

4. Gabung komunitas dan ikut pelatihan

Manfaatkan kesempatan jika kantor mengadakan pelatihan teknologi bagi karyawan. “Agar keterampilan meningkat, bergabung dengan komunitas yang mendalami dunia teknologi akan menambah – bukan hanya hard skills – tetapi soft skills untuk sukses di pekerjaan,” jelas Data Scientist Tokopedia, Ifta Jihan Nabila.

5. Adaptasi dengan budaya perusahaan

Seorang Data Scientist perlu mengumpulkan dan menganalisis data, membangun banyak sistem dan automasi, serta membagikannya kepada perusahaan.

“Dalam menyampaikan data-data ini, diperlukan keterampilan berkomunikasi sesuai target audiens dan budaya perusahaan, agar ide yang disampaikan dapat dipahami dan menjadi riil, supaya pada akhirnya dapat memberi manfaat kepada pengguna,” ujar Faldi.

Tokopedia, bagian dari Grup Goto, ekosistem digital terbesar di Indonesia (mencakup Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial), mengusung tiga nilai dalam budaya perusahaan, antara lain Focus on Consumer, Make It Better-Make It Happen dan Growth Mindset.

Leave a Reply