Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Laporan: 68% Responden Pekerja Indonesia Rela Tolak Naik Gaji Demi Hal Ini

Sumber foto: socialworker.com

Topcareer.id – Perusahaan jasa rekrutmen profesional, Michael Page Indonesia, meluncurkan “Talent Trends 2022 Report” yang berjudul “The Great X”, dan memuat analisis penting tentang dunia kerja.

Meski gaji dan bonus masih menjadi motivasi utama bagi kandidat pegawai, survei menunjukkan pergeseran tren yang mengarah pada fasilitas kerja selain uang.

Sebanyak 68% responden di Indonesia bahkan rela menolak kenaikan gaji dan/atau promosi jabatan demi memperoleh keseimbangan karier dan kehidupan pribadi, kesehatan, dan kebahagiaan yang lebih baik.

Olly Riches, Senior Managing Director, Michael Page Singapura, Indonesia & Filipina mengatakan, individu semakin mementingkan budaya kerja di perusahaan, prinsip, dan kepemimpinan ketimbang citra perusahaan dan promosi yang dilakukan perusahaan.

“Tingkat permintaan tenaga kerja di sektor Teknologi, serta Layanan Kesehatan dan Ilmu Hayati terus mengalami peningkatan di tengah Covid-19. Dalam beberapa kasus, tenaga kerja dibutuhkan sebagai pendukung ide-ide inovatif di usaha rintisan dan perusahaan konvensional,” kata Olly dalam pers rilis, dikutip Rabu (6/7/2022).

Setelah ekonomi mulai pulih, perusahaan tidak boleh meremehkan efek psikologis yang timbul akibat penggabungan “pekerjaan” dan kehidupan “pribadi” dalam dua tahun terakhir. Sebanyak 72% responden menginginkan metode bekerja gabungan (hybrid) antara bekerja dari rumah dan kantor.

Baca juga: Meta Batasi Perekrutan Karyawan Baru

Selain itu, 66% tenaga profesional di Indonesia telah menanyakan atau berpikir untuk menanyakan tentang kebijakan perusahaan tentang aspek Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi (Diversity, Equity & Inclusion/DE&I) dalam wawancara kerja.

Menurut 33% responden, ketidakjelasan komitmen DE&I akan membuat mereka berhenti mengejar peluang kerja.

Pandemi juga telah mengubah prioritas pekerja. Sebanyak 81% kandidat pegawai meyakini bahwa kesehatan mental dan kesejahteraan harus dipertimbangkan dalam kinerja pegawai dan penilaian kerja. Perusahaan harus menciptakan budaya kerja positif yang mengapresiasi tenaga kerja pada seluruh jenjang.

Sejumlah besar tenaga kerja pun merasa tidak mendapat dukungan di tempat kerja. Sebanyak 49% responden berkata, beban kerja mereka meningkat jika dibandingkan sebelum Covid-19 terjadi.

Menurut 83% responden, perusahaan tempat mereka bekerja tidak mengambil langkah aktif untuk menjamin keseimbangan karier dan kehidupan pribadi. Perusahaan harus mengubah , banyak hal dan membantu tenaga kerja agar bekerja secara lebih efisien.

Leave a Reply