Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Agustus 9, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Hampir 1 dari 2 Anak Muda di Indonesia Bercita-cita Jadi PNS

Ilustrasi UTBK SBMPTN, psikolog UNS berbagi tips tidak panik.Tes CPNS. (dok. Borobudur News)

Topcareer.id – Studi dari ASEAN Foundation berjudul “Mind The Gap: Mapping Youth for The Future in ASEAN mengungkap prospek karier yang diinginkan oleh anak muda di wilayah-wilayah ASEAN, termasuk Indonesia.

Studi yang rilis pada pertengahan Juni itu menyebut bahwa hampir 1 dari 2 anak muda Indonesia (48 persen), bercita-cita untuk bekerja di sektor pemerintahan atau sebagai Pegawai Negeri Sipil.

“Hampir 1 dari 2 anak muda Indonesia (48 persen) bercita-cita untuk bekerja di sektor pemerintah,” tulis laporan tersebut, dikutip dari laman resmi ASEAN Foundation, Rabu (6/7/2022).

Sementara, sebanyak 35 persen ingin menjadi pengusaha atau bekerja di media dan komunikasi sebanyak 29 persen dan sektor keuangan 27 persen.

Sementara itu, sebagian kecil anak muda memilih teknologi (18 persen), pendidikan (11 persen), perawatan kesehatan (8 persen), transportasi (4 persen), LSM (4 persen), dan energi (2 persen) untuk prospek karier mereka.

Dalam hal upskilling dan reskilling saat ini kompetensi, kaum muda masih merasa perlu untuk mengejar peningkatan keterampilan dalam kepemimpinan diri (56 persen), interpersonal (46 persen), dan keterampilan kognitif (35 persen), meskipun relatif mahir dalam bidang ini.

Baca juga: Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,75 Juta, Ini Fakta Dari Menparekraf

Masih dalam studi tersebut, Bank Dunia menjelaskan bahwa di Indonesia, pandemi COVID-19 telah menunda transisi untuk bekerja pada sekitar 7 juta anak muda yang baru saja lulus universitas dan pendidikan lanjutan.

Hal itu lantas menghasilkan sekitar 300.000 lebih sedikit pemuda memasuki pasar tenaga kerja dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Terlepas dari efek ini, McKinsey 2021 dan Laporan perusahaan menemukan bahwa permintaan tenaga kerja akan meningkat di beberapa sektor sehubungan dengan pandemi

Sektor ini meliputi konstruksi, manufaktur, pendidikan, kesehatan, dan perdagangan eceran dan grosir – meskipun manufaktur dan konstruksi terlihat penurunan yang stabil pada triwulan I tahun 2020.

Selanjutnya, pekerja dengan keterampilan digital tertentu dan yang memiliki setidaknya ijazah sekolah menengah akan lebih diminati.

Tinggalkan Balasan