Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Negara Ini Jalankan Kebijakan Kereta Gratis

Dok/EuroNewsDok/EuroNews

Topcareer.id – Kabar baik bagi penduduk Spanyol. Karena mulai September mendatang, mereka dapat melakukan perjalanan kereta yang dioperasikan oleh jaringan kereta umum Renfe, secara gratis.

Kebijakan diskon 100% ini diumumkan oleh Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, dan akan berlaku hingga akhir tahun.

“Tiket multi-perjalanan untuk kereta yang dioperasikan oleh layanan publik jaringan Cercanías, Rodalies dan Media Distance (setara dengan perjalanan lokal dan jarak menengah) akan bebas biaya mulai 1 September hingga akhir tahun,” ucapnya.

Namun, langkah itu tidak termasuk tiket perjalanan tunggal, atau perjalanan jarak jauh, menurut penyiar publik TVE. Tiket multi-perjalanan mencakup minimal 10 perjalanan pulang pergi.

Menghemat uang dan lingkungan

Sebelum meningkat menjadi 100%, harga transportasi umum pada layanan milik negara di seluruh Spanyol memang telah dipangkas setengahnya sebagai tanggapan atas kenaikan energi dan tingkat inflasi yang cepat.

Baca juga: Mulai 17 Juli, Naik Kereta Jarak Jauh Wajib Vaksinasi Booster

Kini, dengan diskon 100%, Pemerintah Spanyol berharap kebijakan ini akan meringankan kebutuhan masyarakat di setiap harinya.

“Langkah ini mendorong penggunaan angkutan umum kolektif jenis ini secara maksimal untuk menjamin kebutuhan perjalanan sehari-hari dengan sarana transportasi yang aman, andal, nyaman, ekonomis, dan berkelanjutan, di tengah keadaan luar biasa dari kenaikan harga energi dan bahan bakar yang terus-menerus,” kata Kementerian Transportasi Spanyol dalam sebuah pernyataan.

Spanyol bukanlah satu-satunya negara Eropa yang mengambil tindakan untuk mengurangi biaya transportasi umum.

Bulan lalu, Jerman meluncurkan tiket transportasi umum bulanan tak terbatas senilai €9 (Rp 143.381) yang dapat digunakan untuk transportasi lokal dan regional di seluruh negeri. Kesepakatan itu, yang merupakan bagian dari paket bantuan energi pemerintah, dijadwalkan berlangsung hingga akhir Agustus.

Pada akhir 2021, Austria memperkenalkan “Climate Ticket” diskon besar-besaran yang berlaku untuk semua moda transportasi umum di negara itu, dengan tujuan mendorong orang untuk meninggalkan mobil mereka di rumah.

Climate Ticket hanya berharga $1,267 (€1.095) setahun, yang berarti sekitar $3,50 sehari, atau sekitar Rp 52.445 per hari.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply