Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

7 Alasan Utama kenapa Storytelling Penting untuk Bisnis (Bagian 2)

Topcareer.id – Storytelling atau bercerita bukan hanya sekadar mendongeng atau menceritakan kisah. Lebih dari itu, storytelling bisa menjadi alat yang penting untuk menarik perhatian audiens.

Melansir Hubspot, storytelling merupakan proses menggabungkan fakta dan cerita untuk disampaikan kepada audiens agar mereka semakin tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

Teknik atau keterampilan ini bisa kamu gunakan ketika sedang mempromosikan produk atau layanan lewat kata-kata ataupun cerita.

Salah satu contoh pekerjaan yang relevan dengan storytelling untuk bisnis adalah copywriting.

Ingat! Cerita memiliki kemampuan untuk mengubah cara orang berpikir dan merasakan dengan sangat kuat.

Berikut ini tujuh alasan utama kenapa menggunakan storytelling bisa meningkatkan keuntungan bisnis.

Lanjutan dari bagian pertama artikel

5) Menciptakan Pemahaman yang Lebih Baik Tentang Bisnis
Mungkin sulit bagi orang yang bukan bagian dari perusahaan kamu untuk memahami budaya, visi, dan misi.

Storyteling bisa membantu mereka terhubung dan memahami cara kerja perusahaan dan apa artinya.

Ini adalah cara sempurna untuk menyampaikan kisah merek perusahaan kamu.

Brand storytelling juga membantu orang merasa lebih terhubung dengan bisnis kamu karena mereka mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang membuatnya istimewa.

Mereka juga dapat menghubungkan pemahaman ini dengan kehidupan mereka sendiri, yang membantu mereka merasa terhubung dengan perusahaan.

6) Kamu Bisa Menyatukan Banyak Orang
Dampak positif storytelling diakui sebagai salah satu dari tujuh bahasa universal.

Ini adalah bahasa paling universal dan bawaan yang menghubungkan kita semua sebagai manusia dan menciptakan komunitas.

Organisasi dapat menggunakan storytelling untuk mendorong kohesi kelompok berdasarkan pemahaman bersama.

Mereka bisa melakukan ini dengan menceritakan kisah-kisah yang mereka miliki bersama.

Misalnya, bercerita tentang inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dapat menyatukan karyawan dengan menghadirkan tujuan bersama.

Orang-orang merasa lebih terhubung dengan perusahaan ketika mereka berbagi tujuan dan nilai bersama yang tertanam dalam sebuah cerita.

7) Storytelling Membantu Kamu Untuk Membujuk
Selalu lebih mudah untuk membujuk audiens atau pelanggan melalui sebuah cerita.

Mereka tidak bisa menahan diri untuk tidak tertarik pada sebuah cerita, karena cerita yang bagus menyebabkan otak membuat asosiasi dengan situasi lain yang telah mereka alami.

Akibatnya, audiens bisa jauh lebih mungkin untuk percaya apa yang diceritakan orang lain kepada mereka.

Baca juga: Tips Milih Lokasi Usaha yang Cuan untuk Bisnis UKM

Keputusan bisnis tidak dibuat dengan logika saja. Emosi memainkan peran besar dalam cara orang membuat keputusan.

Storytelling adalah salah satu cara kamu bisa membuat orang merasakan emosi bisnis kamu atau perusahaan.

Emosi ini bisa tentang kepercayaan, keinginan, atau memungkinkan terpenuhinya keinginan mereka.

Inilah sebabnya mengapa storytelling dalam bisnis terutama marketing bisa sangat efektif.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply