Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Jenis-Jenis Stretching untuk Para Kaum Mageran, Bikin Badan Bugar Lagi!

Ilustrasi tidur dengan televisi menyala.Young woman sleeping on sofa at home

Topcareer.id – Bersantai di rumah tanpa melakukan apa-apa memang menyenangkan. Saking enaknya, banyak yang sampai menyebut dirinya kaum mageran, karena malas melakukan aktivitas apapun, dan hanya memilih untuk bersantai, tiduran di kasur sambil scrolling media sosial, bermain game, atau duduk menonton serial tv, bahkan hingga berjam-jam.

Nah, meski terdengar menyenangkan, namun kebiasaan semacam itu sebenarnya kurang bagus lho bagi tubuh kamu. Ini pada akhirnya bisa menyebabkan kekakuan tubuh dan nyeri punggung. Dan menimbulkan beberapa gangguan yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika kamu adalah salah satunya, cara terbaik untuk menghindari situasi seperti ini adalah melakukan peregangan atau stretching secara rutin.

Berikut beberapa jenis stretching atau peregangan yang bisa kamu coba, seperti dikutip dari Times of India, disimak baik-baik ya.

Standing side stretch
Untuk melakukan ini, cobalah berdiri lurus dengan dua kaki tertutup. Angkat lengan ke atas dan jepit tangan secara bersamaan, lalu rentangkan sebanyak yang kamu bisa dan tekuk sedikit ke kiri. Setelah berhasil, kembali ke posisi dan tekuk lagi ke arah kanan.

Ini mungkin peregangan paling santai sepanjang masa dan membawa banyak kelegaan. Kalau dilakukan dengan baik, cara ini bisa membuatmu merasa rileks dan menenangkan semua otot yang tegang.

Baca juga: Seberapa Penting Peregangan setelah Olahraga?

Cat pose
Poose kucing cukup menyenangkan untuk dilakukan, dan bahkan dapat kamu lakukan di tempat tidur. Ini mengendurkan ketegangan semua otot tubuh bagian atas dan meluruskan punggung.

Untuk peregangan ini, duduklah di tempat tidur dengan kaki terlipat ke belakang. Sekarang rentangkan tangan kamu dan bergerak maju di tempat tidur. Tinggikan bokong sambil menjaga kepala menempel di tempat tidur. Lalu regangkan lengan untuk merasakan gelombang kelegaan instan di tubuhmu.

Forward hang stretch
Bagi kamu yang mengeluh sakit punggung karena postur duduk, peregangan ini sangat cocok kamu coba. Yang perlu kamu lakukan adalah berdiri tegak di tanah dengan kaki terbuka dan lutut sedikit ditekuk. Jalin jari-jari kamu di belakang dan mulailah membungkuk ke depan.

Saat membungkuk ke depan, lenganmu akan naik. Membungkuklah secukupnya untuk menghadap lutut dan meregangkan lengan dengan baik.

Back twists
Berdirilah tegak dan lepaskan tangan. Lalu putar ke belakang dari satu sisi dan tahan posisi. Selanjutnya putar lagi ke sisi lain dan tahan posisi untuk sementara waktu. Liku punggung akan meringankan punggung yang kaku dan akan memberimu cukup energi untuk kembali bekerja. Enak bukan? Back twist tak hanya meregangkan otot lho, namun juga bermanfaat bagi pinggang kamu.

Quad stretch
Cara ini membantu mengurangi kekakuan tubuh, khususnya pada bagian bawah. Untuk lakukan peregangan ini, cobalah berdiri lurus dengan kedua kaki rapat. Tekuk kaki kiri kamu ke belakang dan pegang dengan tangan kirimu. Tahan sebentar dan berikan regangan yang bagus. Selanjutnya kembali ke posisi semula dan ulangi dengan kaki kanan.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan