Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Hayoo Siapa Lebih Kaya, Bos Alfamart Atau Indomaret?

Dok/HipweeDok/Hipwee

Topcareer.id – Kamu pasti sudah familiar dengan brand minimarket Alfamart dan Indomaret dengan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baik Alfamart maupun Indomaret sudah mendirikan ribuan gerai, sehingga tidak sulit bagi kamu untuk menemukan kedua minimarket yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Di wilayah gedung perkantoran, perumahan, hingga di jalanan luar kota pun kedua brand besar minimarket ini kerap kita temui berdiri berdampingan.

Beberapa orang bahkan menganggap kedua brand ini berada di bawah satu bendera atau pemilik yang sama, padahal bukan sama sekali, dan kedua minimarket ini bisa dibilang menjalani persaingan abadi.

Keduanya pun memiliki konsep serupa dalam berjualan. Inilah sebabnya persaingan semakin terasa sengit.

Ketika kamu melihat kedua brand besar retail minimarket di Indonesia ini bersaing ketat, pernahkah kamu bertanya-tanya, siapa sih Pemilik Alfamart dan Indomaret? Lebih kaya mana pemiliknya?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, mari mulai dengan brand Alfamart.

Djoko Susanto – Alfamart
Pendiri Alfamart yakni Djoko Susanto, ia mendirikan Alfa Toko Gudang Rabat tahun 1989 dan pada tahun 1994 Djoko menyederhanakan tokonya menjadi Alfamart minimarket di bawah naungan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk.

Kehebatan Djoko dalam menjalankan bisnis retail telah membawa kejayaan bagi Alfamart yang sudah berdiri selama 33 tahun.

Hingga kini tercatat ada lebih dari 18.000 gerai Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut majalah Forbes, Djoko Susanto merupakan orang terkaya ke-22 di Indonesia tahun 2021.

Kekayaannya pada tahun 2021 mencapai 1,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 28 triliun.

Dan pada tahun 2022 kekayaannya mengalami kenaikan menjadi 3,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 47,4 triliun, menurut catatan real-time Forbes.

Tak berhenti di Alfamart, Djoko juga memiliki bisnis properti Alfaland dan juga mengoperasikan Omega Hotel Management di seluruh Indonesia.

Baca juga: Perluas Jangkauan Bisnis, Alfamart Masuk Metaverse

Anthoni Salim – Indomaret
Indomaret Group berdiri pada tahun 1988, didirikan oleh Anthoni Salim. Sejak itu Indomaret menjadi pelopor bisnis waralaba di Indonesia.

Hingga kini tercatat ada lebih dari 20.000 gerai Indomaret di bawah naungan PT. Indomarco Prismatama yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bagi kamu yang suka mengikuti berita ekonomi dan bisnis, tentu tidak asing dengan nama Salim.

Ya, Anthoni Salim merupakan sosok di balik gurita bisnis Salim Group dan Indomaret merupakan salah satu anak perusahaannya.

Bisnis Salim Grup bergerak di bidang makanan, perbankan, telekomunikasi, energi, dan ritel.

Untuk bisnis makanan, kamu pasti pernah mendengar brand Indofood yang menjadikan Indomie pemimpin industri mi instan di dunia saat ini.

Menurut Forbes, nilai penjualan Salim Grup mencapai 5,8 miliar dollar AS. Bahkan Salim Grup juga menanam saham di perusahaan investasi Hong Kong, First Pacific.

Nah, total kekayaan Anthoni Salim tercatat sebanyak 8,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 126 triliun.

Dengan kekayaan tersebut Anthoni Salim menjadi orang terkaya ketiga di Indonesia versi majalah Forbes 2021.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan