Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, September 29, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Gadis 8 Tahun Ini Berhasil Kontak Stasiun Luar Angkasa Internasional Pakai Radio Amatir Milik Ayahnya

Dok/CNNDok/CNN

Topcareer.id – Seorang gadis muda berusia delapan tahun mimpinya menjadi kenyataan ketika HAM Radio atau radio amatir milik ayahnya terhubung ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) milik NASA.

Hal itu memungkinkannya melakukan percakapan 45 detik dengan komandan SpaceX Crew-4 Kjell Lingren yang menjawab panggilan tersebut dengan mengatakan, ‘Selamat datang di Stasiun ruang angkasa Internasional.’

Isabella Payne, dari Kent, Inggris, memperkenalkan dirinya dan usianya, lalu Lingren berterima kasih kepada anak muda yang antusias dengan ruang angkasa itu karena sudah menggunakan radio untuk menyapa.

‘Terima kasih, terbanglah dengan selamat,’ kata Isabella sebelum keduanya saling berpamitan dan ayahnya, Matt Payne, membagikan klip audio untuk didengar dunia.

Aktivitas itu mungkin terjadi karena hobi ayahnya menggunakan stasiun radio jangkar untuk berbicara dengan operator lain di seluruh dunia.

Tetapi duo ayah-anak gadis ini telah membuat satu koneksi radio yang keluar dari dunia ini.

Isabella Payne pertama kali jatuh cinta dengan luar angkasa ketika dia baru berusia dua tahun dan sekarang pada usia delapan tahun, dia telah berbicara dengan seorang astronot di ISS.

“Ini sedikit pengetahuan tetapi sebagian besar murni keberuntungan,” kata Payne ketika menjawab pertanyaan di Twitter tentang bagaimana radionya bisa terhubung ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Ayah Isabella yang berbagi pengalaman dalam tweetnya di Twitter berterima kasih kepada Lingren karena mau berbicara dengan putrinya.

Isabella setelah berhasil melakukan panggilannya ke ISS jadi berseri-seri kegirangan.

Baca juga: Rusia Bakal Syuting Film di Stasiun Luar Angkasa

Lingren juga men-tweet tentang interaksi tersebut, menulis: “Saya sangat senang menggunakan stasiun radio amatir #ARISS #NA1SS di @Space_Station untuk berbicara dengan operator HAM Radio di seluruh dunia.”

“Saya bahkan (secara tidak resmi) mengerjakan stasiun radio di semua benua! Tapi ini mungkin kontak terfavorit saya sejauh ini. Terima kasih Isabella dan @m0lmk!”

ARISS adalah stasiun radio amatir milik Payne yang biasa ia gunakan untuk berbicara dengan para penggemar HAM Radio di seluruh dunia.

Lingren telah bersama NASA sejak 2009 dan sekarang sedang dalam misi keduanya di luar angkasa. Saat ini ia telah menghabiskan total lima bulan di luar angkasa.

Dirinya diluncurkan ke ISS pada bulan April 2022 menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX bersama dengan Bob Hines dan Jessica Watkins, dan Samantha Cristoforetti dari European Space Agency.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan