Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, February 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

BBM Naik, Sektor Apa yang Terbebani, dan Mana yang semakin Cuan?

Dok/OrtizakuDok/Ortizaku

Topcareer.id – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang baru saja dilakukan pemerintah telah membuat banyak kalangan masyarakat dan sektor industri yang merasa terbebani. Namun, di balik itu semua ternyata justru ada beberapa sektor industri yang meraup untung.

Seperti yang disampaikan oleh Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, Selasa (6/9), bahwa ada beberapa sektor yang terbebani yakni transportasi, pariwisata, ritel, serta industri food and beverages.

Sektor industri ini jelas mengalami tekanan yang tinggi akibat melemahnya permintaan konsumen yang disebabkan meningkatnya biaya operasional.

Industri tersebut diperkirakan mengalami tekanan bisa hingga tahun depan imbas harga BBM yang naik.

Di tengah ramainya masyarakat yang mengeluhkan harga BBM yang naik, rupanya ada sektor industri yang justru mendapat keuntungan dari naiknya harga BBM.

Industrinya yakni komoditas, seperti batubara dan minyak. Mereka mendapat keuntungan akibat kenaikan harga BBM, terlihat adanya menunjukkan kenaikan harga dalam industri tersebut.

Baca juga: Harga BBM Naik, Menkeu: Anggaran Subsidi Energi Tetap Naik

Tak ketinggalan sektor yang diuntungkan selain komoditas adalah sektor perbankan.

Terlihat jelas saat harga BBM naik, inflasi pun turut bergerak naik serta ada percepatan untuk kenaikan tingkat suku bunga acuan.

Nah, suku bunga acuan ini nantinya yang bisa mempengaruhi tingkat suku bunga pinjaman, maka Net Interest Margin (NIM) dari dunia perbankan bisa semakin banyak.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply