Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Demi Kesehatan, Ini 8 Tips Berhenti Merokok Secara Bertahap

pexels-basil-mk-247040Cukai rokok naik 12,5% mulai 1 Februari 2021.

Topcareer.id – Tak bisa dipungkiri bahwa paparan asap rokok bisa membawa dampak berbahaya bagi siapapun, apalagi anak kecil. Agar anak tidak terpaar asap rokok yang berbahaya, niat baik orangtua untuk berhenti merokok harus diperkuat.

Namun, berhenti merokok jadi tantangan tersendiri bagi para perokok. Pasalnya, beberapa kandungan dalam rokok dapat menimbulkan efek kecanduan, sehingga dapat memicu munculnya gejala putus nikotin saat seseorang berusaha berhenti merokok.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Dede Nasrullah membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan bagi para perokok untuk bisa berhenti merokok.

1. Mantapkan niat

Hal pertama yang bisa dilakukan bagi yang ingin berhenti merokok, yakni menguatkan niat dan buat catatan alasan mengapa harus berhenti merokok. Hal ini sebagai motivasi ketika nanti mulai kendor dan godaan untuk merokok muncul sehingga catatan tersebut menjadi motivasi.

2. Kelola stress

Menurut Dede, stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok, karena kandungan nikotin di dalamnya dapat memberikan efek relaksasi dengan cepat.

“Ubah kebiasaan merokok dengan aktivitas – aktivitas lain misal dengan mendengarkan musik, menonton film, bercengkrama dengan keluarga atau aktivitas lain yang disukai,” kata Dede dikutip dari laman resmi UM Suarabaya, Kamis (15/9/22)

3. Cari alternatif pengganti merokok

Dede mengatakan, sebagai perokok maka bisa mencari jalan alternatif lain dengan pengganti rokok dengan menguyah permen atau makanan ringan.

Baca juga: Mengenal Self-Healing, Dan Cara Melakukannya

4. Hindari pemicu kebiasaan merokok

Bagi seseorang yang sedang berusaha berhenti merokok, sebisa mungkin hindari faktor atau kebiasaan yang dapat membuat kembali merokok, seperti minum kopi dan alkohol atau berkumpul dengan sesama perokok.

5. Antisipasi waktu-waktu rawan rokok

Menurut Dede, seseorang perlu mengantisipasi waktu rawan rokok seperti setelah makan dan pada saat nongkrong.

6. Berolahraga secara rutin

Dengan olahraga membuat tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga juga dapat mengurangi kecanduan akan nikotin. “Saat keinginan merokok itu datang, seseorang dapat mengalihkan keinginan ini degan melakukan olahraga seperti sepeda, berenang dan lainnya,” ujar Dede.

7. Hindari berkumpul dengan para perokok

Jika seseorang sekiranya mudah tergoda, sebisa mungkin jangan dulu berkumpul dengan teman-teman yang merokok.

8. Lakukan konseling dengan psikolog.

“Konseling dengan psikolog atau konselor dapat membantu seseorang mengidentifikasi faktor pemicu kebiasaan merokok dan menemukan strategi berhenti merokok yang sesuai dengan kondisi,”pungkas Dede.

Tinggalkan Balasan