Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Gajah Afrika Ini Sembuh Setelah Sakit Gigi Bertahun-Tahun

Dok/ReutersDok/Reuters

Topcareer.id – Madhubala, seekor gajah Afrika berusia 16 tahun di Pakistan yang menderita sakit gigi selama bertahun-tahun karena infeksi yang disebabkan oleh gading yang patah, akhirnya sembuh pada hari Rabu (14/9) setelah menjalani perawatan dan operasi yang unik.

Madhubala adalah satu dari empat gajah Afrika yang dirawat di Karachi oleh tim beranggotakan delapan orang dari kelompok kesejahteraan hewan global Four Paws.

Dinamakan sama seperti aktris India legendaris, Madhubala ditutup matanya dengan plester, kakinya diikat ke samping untuk menopangnya selama sedasi dan perawatan selanjutnya di Kebun Binatang Karachi.

Dokter hewan harus menggunakan bor dan alat bedah berat lainnya untuk mengekstrak gading yang terinfeksi yang rusak berkeping-keping.

“Karena peradangan jangka panjang, jaringannya sangat rapuh dan tipis sehingga tidak mungkin untuk mengeluarkannya sekaligus, itu mudah pecah,” kata Dr Marina Ivanova sambil menunjukkan gading yang diekstraksi.

Endoskopi sebelum prosedur menunjukkan gading penuh di dalamnya berukuran 31 sentimeter, katanya.

“Sekarang penting bagi kami untuk fokus pada perawatan pasca operasi, pengangkatan gading akan membuka luka besar, sehingga luka ini perlu dibersihkan setiap hari,” tambahnya.

Baca juga: Minuman Ini Terbuat dari Kotoran Gajah, Minat Coba?

Selama prosedur lima sampai enam jam, Madhubala tidak melakukan banyak perlawanan karena dia tetap dibius.

“Hari ini kami dengan senang hati memulai prosedur unik pertama, hewan posisinya berdiri selama operasi dan tidak dalam keadaan tidur atau anestesi total karena bisa berisiko dan bisa berakibat fatal,” kata ketua tim Dr Aamir Khalil.

Gajah-gajah lainnya berada dalam kondisi yang jauh lebih baik karena perawatan mereka dimulai dua bulan lalu, kata Khalil.

Timnya memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesehatan hewan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply