Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pengin Olahraga Setiap Hari? Ini Jenis dan Durasi Latihan yang Tepat

ILustrasi olahraga-workout (Pexels)

Topcareer.id – Penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga yang dimasukkan dalam rutinitas mingguan. Olahraga mampu menurunkan kemungkinan masalah kesehatan, terutama seiring bertambahnya usia. Tapi, apakah baik-baik saja jika olahraga dilakukan setiap hari?

Mengutip Healthline, secara umum tidak perlu berolahraga setiap hari, terutama jika kamu melakukan olahraga intens atau memaksakan diri hingga batas kemampuanmu. Tidak masalah jika ingin melakukan olahraga setiap hari, tapi tetap dengarkan tubuhmu. Atau kamu bisa pahami beberap aturan ini jika ingin olahraga tiap hari, dikutip dari Healthline.

Seberapa ideal?

Selama kamu tidak memaksakan diri atau terobsesi dengan hal itu, berolahraga setiap hari tidak masalah. Pastikan itu adalah sesuatu yang kamu nikmati tanpa terlalu ketat pada diri sendiri, terutama selama masa sakit atau cedera.

Aturan umumnya adalah melakukan aktivitas fisik sedang selama 30 menit setiap hari, dengan total minimal 150 menit olahraga sedang setiap minggu. Atau kamu dapat melakukan latihan intens minimal 75 menit setiap minggu.

Lebih baik melakukan latihan singkat setiap hari daripada melakukan satu atau dua latihan panjang setiap minggu.

Jenis latihan

Jika kamu ingin meningkatkannya untuk memenuhi target kebugaran, kesehatan, atau penurunan berat badan, targetkan setidaknya 45 menit olahraga per hari. Sertakan beberapa jenis aktivitas intensitas tinggi, seperti:

Baca juga: Pernikahan Dini Tingkatkan Potensi Kanker Serviks Lebih Besar? Ini Kata Dosen UNAIR

berlari
latihan plyometric
mendaki bukit
Olahraga yang bisa dimasukkan dalam rutinitasmu

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, termasuk mengurangi kemungkinan cedera, lakukan masing-masing dari empat jenis olahraga dalam rutinitasmu:

  • Latihan ketahanan meningkatkan pernapasan dan detak jantungmu untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Contohnya termasuk jogging, berenang, dan menari.
  • Latihan kekuatan meningkatkan massa otot, memperkuat tulang, dan membantu mengatur berat badan Anda. Contohnya termasuk angkat beban, latihan beban tubuh, dan latihan band resistensi.
  • Latihan keseimbangan membantu meningkatkan stabilitas dan mencegah jatuh sambil membuat gerakan harian lebih mudah. Contohnya termasuk latihan keseimbangan, tai chi, dan pose yoga berdiri.
  • Latihan fleksibilitas meredakan ketidaknyamanan fisik dan meningkatkan mobilitas, rentang gerak, dan postur tubuh. Contohnya termasuk peregangan, yoga, dan Pilates.

Leave a Reply