TopCareerID

Etika Rapat Virtual Yang Sering Terlupakan (Bagian 1)

Topcareer.id – Sejak pertengahan tahun 2020 langkah pencegahan pandemi COVID-19 telah membuat sebagian besar orang di dunia bekerja dari rumah atau WFH.

Bagi banyak orang, ini bukan situasi ideal. Selalu saja ada gangguan, entah itu dari anak-anak atau hewan peliharaan maupun anggota keluarga lain.

Bekerja dari rumah bukanlah hal yang mudah terutama jika kamu harus menjalani meeting virtual via Zoom misalnya.

Meskipun WFH, etiket tentang rapat virtual tetaplah merupakan hal penting yang banyak dilupakan orang.

Etiket rapat virtual akan membantu menciptakan lingkungan yang positif di mana peserta dapat saling berkolaborasi secara online.

Berikut ini etiket meeting virtual baik sebagai host maupun peserta rapat yang sering dilupakan atau disepelekan.

Bagian pertama dari artikel

Etiket rapat virtual sebagai host

Pastikan memahami softwarenya
Mengetahui seluk beluk tools rapat virtual bukan hanya soal terlihat seperti profesional, tetapi juga akan memudahkanmu sebagai host yang mengadakan rapat.

Pastikan kamu merasa nyaman dengan membiasakan diri dengan perihal teknis dan fitur platform yang kamu gunakan.

Siapkan agenda yang jelas
Miliki agenda terstruktur yang jelas untuk rapat virtual untuk dibagikan kepada peserta sebelum mereka mulai.

Agenda rapat yang jelas membantumu tetap berada di jalur dan mencakup semua bidang utama diskusi.

Ini juga akan memberi orang kesempatan untuk berpikir tentang bagaimana mereka dapat memberikan kontribusi selama rapat.

Berpakaianlah yang pantas
Perhatikan bahwa berpakaian dengan tepat tidak sama dengan berpakaian formal. Padahal, natural dan casual itu oke-oke saja.

Baca juga: Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja: Larang Rapat 3 Hari Seminggu

Tepat waktu
Merinci agenda rapat akan membantumu dalam hal ini, tetapi juga cobalah untuk menghindari terlalu banyak poin pembicaraan dalam satu rapat sehingga semuanya bisa mulai dan selesai tepat waktu.

Minimalkan gangguan
Amati etiket rapat online dan nonaktifkan notifikasi, matikan media sosial dan aplikasi obrolan, dan tetap buka tab dan jendela yang diperlukan selama meeting berlangsung.

Rekam dan bagikan hasil rapat
Tidak perlu membuat catatan yang melelahkan jika ada rekaman rapat, jadi pilihlah platform yang memiliki rekaman otomatis.

Beri tahu peserta bahwa rekaman itu akan dikirim melalui email segera setelah rapat berakhir.**(Feb)

Exit mobile version