Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Google Indonesia-Kemenparekraf Sediakan 5.000 Beasiswa Demi Talenta Digital

Foto 3l

Topcareer.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Google Indonesia, menyediakan 5.500 beasiswa bagi pengembangan talenta ekonomi digital di Indonesia lewat program Google Career Certificates.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan program ini adalah program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Sehingga, tambah dia, program ini tepat dipadukan dengan program pengembangan talenta digital yang diinisiasi Kemenparekraf yaitu Baparekraf Digital Talent (BDT).

“Saya ingin mengapreasiasi kolaborasi ini karena satu hal yang sangat penting, kita ingin membangun talenta-talenta SDM parekraf yang mumpuni,” kata Menparekraf dalam Weekly Brief, Senin (3/10/2022).

“Kita tidak bisa melakukan sendiri sehingga kita harus menggandeng banyak pihak, dan hari ini Google sepakat mendukung untuk membuka peluang bagi 5.500 (pelaku ekonomi digital) mendapatkan human capital melalui program yang kita sebut Baparekraf Digital Talent (BDT),” lanjut Sandiaga.

Google Career Certificates merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang dan dibangun oleh pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google.

Setiap program sertifikat profesional telah dibuat untuk membekali pelajar dengan pengetahuan teoritis dan praktis serta keterampilan pemecahan masalah kehidupan nyata agar berhasil dalam pekerjaan tingkat awal.

Baca juga: University Of Auckland Buka Beasiswa Buat Mahasiswa Asia Tenggara

“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Kemenparekraf/Baparekraf karena memiliki kesamaan misi yaitu untuk meningkatkan beragam potensi kreatif terutama terkait teknologi,” kata Country Director Google Indonesia, Randy Jusuf, dikutip dari siaran pers.

Ia menambahkan, ada 5.500 beasiswa yang kami berikan ke Kemenparekraf yang meliputi 3.000 beasiswa Google Career Certificates untuk sertifikat IT Support dan sertifikat Analisis Data; 1.250 beasiswa Android Developer Dasar; dan 1.250 beasiswa Machine Learning Dasar.

Pelatihan dimulai pada 7 Oktober 2022 hingga 12 Desember 2022. Peserta program akan diberikan materi kursus, tutorial, latihan, pembelajaran berbasis proyek berstandar global, serta dukungan dari mentor, fasilitator, dan forum diskusi online.

Sejak diperkenalkan pada Desember 2021, program Google Career Certificates telah memberikan ribuan beasiswa untuk mengasah skill dan belajar ilmu IT.

Pada Maret 2022, Google mengumumkan dukungan 2.000 beasiswa IT Support Certificate untuk mahasiswa, dosen, dan staf terpilih Telkom University sekaligus menjadikannya universitas pertama yang menerima beasiswa tersebut.

Google juga mengumumkan mitra keuangan mikro baru guna menyalurkan pinjaman senilai USD2 juta untuk UKM di berbagai wilayah yang kurang terlayani, serta memberikan beasiswa untuk melatih 10.000 orang di Indonesia melalui program Google Career Certificates pada Mei 2022 lalu.

Tinggalkan Balasan