Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Programming Hingga Video Editing, Ragam Keterampilan Ini Bantu Masa Depan Karier

Ilustrasi skills masa depan. (Pexels)

Topcareer.id – Memiliki keterampilan, baik hard skill maupun soft skill, akan sangat berguna untuk kariermu. Menurut Brandi Fowler, seorang reporter LinkedIn News, keterampilan ini memiliki perbedaan, dan muncul dengan cara yang berbeda di tempat kerja.

“Keterampilan lunak (softskill) adalah keterampilan interpersonal yang memberi kita kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu, dan keterampilan keras dapat diukur dan dapat diajarkan,” jelas Fowler, mengutip laman CNBC Make It.

“Keterampilan keras (hardskill) adalah hal pertama yang dicari oleh perekrut dan manajer perekrutan di resume, dan penting untuk mencocokkan keterampilanmu dengan yang ada di deskripsi pekerjaan,” tambahnya.

Sebuah laporan baru LinkedIn Learning menemukan bahwa soft skill teratas untuk “membuktikan masa depan” kariermu termasuk kepemimpinan, komunikasi dan pemecahan masalah, sedangkan hard skill teratas meliputi layanan pelanggan, penjualan, dan akuntansi.

Berikut ini hardskill dan softskill yang bisa membantu masa depan kariermu, menurut para profesional LinkedIn.

Melek komputer dan public speaking

Audrey Pe adalah seorang junior di Stanford yang memulai sendiri aksesibilitas teknologi non-profit, WiTech, pada usia 15. Didirikan di Filipina, WiTech saat ini memiliki lebih dari 400 anggota dan 26 cabang di 10 negara.

Pe percaya bahwa hardskill seperti pemrograman dan melek komputer, selain berbicara di depan umum dan networking, merupakan pendorong penting bagi kesuksesan profesional seseorang di dunia kerja saat ini.

“Pemrograman sangat menarik bagi saya karena merupakan bagian penting dari pemahaman teknologi yang kita gunakan setiap hari,” jelas Pe. “Meskipun saya tidak berpikir semua orang perlu menjadi jurusan ilmu komputer, saya percaya bahwa setiap orang harus memiliki kesempatan untuk mengambil kelas ilmu komputer setidaknya sekali dalam hidup mereka.”

Persiapan berbicara di depan umum selama tahun-tahun sekolahnya juga membantu Pe minim gugup saat berbicara di depan orang lain.

Baca juga: 7 Tanda Yang Harus Diwaspadai, Kamu Mungkin Alami Quiet Firing

Percaya diri dan komunikasi

Dylan Gambardella, salah satu pendiri dan CEO Next Gen HQ, sebuah pusat bisnis yang didedikasikan untuk membantu wirausahawan muda mencapai tujuan mereka, mengatakan bahwa dia mengajari siswa “keterampilan yang penting” untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja.

“Bagi kami, ‘keterampilan yang penting’ termasuk kepercayaan diri, komunikasi, ketabahan, kesehatan, dan pola pikir berkembang,” kata Gambardella. “Kami sangat percaya pada keterampilan mengajar yang mempromosikan kesuksesan karier. Pengusaha ingin terhubung dengan calon karyawan yang dapat berkontribusi sejak hari pertama.”

Pengeditan video (video editing) dan presentasi

Eric Sim, seorang penulis, dosen, dan investor keuangan, tidak asing dengan bidang seperti perbankan dan teknologi. Dia menyarankan para profesional di bidang ini untuk mempelajari keterampilan yang mungkin tidak terkait langsung dengan peran mereka.

“Jika kamu melamar pekerjaan perbankan dan keuangan, kamu akan menonjol jika kamu pandai mengedit video. Kamu mungkin dipekerjakan karena, di atas keterampilan perbankan yang kamu miliki, kamu dapat membantu mengedit video pelatihan tim atau rekaman pidato balai kota CEO,” kata Sim.

Jika kamu mencari peran teknologi atau teknik, kejutkan calon manajer perekrutan dengan beberapa keterampilan berbicara di depan umum. “Kamu tidak harus menjadi pembicara TEDx, cukup dengan baik menjelaskan produk kompleks secara sederhana di depan klien atau manajemen senior.”

Tinggalkan Balasan