Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 16, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mau Sehat selama Pensiun? Banyaklah Bergerak!

Masa pensiun. Dok/Getty ImagesMasa pensiun. Dok/Getty Images

Topcareer.Id – Ada imbauan bagi kamu yang saat ini sedang menikmati masa pensiun: Bangun, dan bergeraklah!

Imbauan tersebut lahir dari sebuah penelitian di Finlandia, yang menggunakan perangkat berbasis pergelangan tangan, untuk menentukan berapa banyak pensiunan yang beraktivitas dengan baik.

“Berdasarkan penelitian kami, orang yang pensiun harus meningkatkan jumlah aktivitas fisik, terutama aktivitas sedang hingga berat,” kata penulis utama Kristin Suorsa, peneliti postdoctoral di University of Turku.

“Pada saat yang sama, waktu duduk yang lama harus dihindari, dan duduk harus dibagi menjadi periode yang lebih pendek, dengan menyempatkan untuk berjalan-jalan di antaranya.”

Baca juga: Waspada! BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut Seminggu ke Depan

Dalam penelitian tersebut, terungkap bahwa para pensiunan rata-rata memiliki peningkatan waktu tidur.

“Penurunan jumlah aktivitas fisik ini kemungkinan disebabkan oleh tidak adanya aktivitas yang berkaitan dengan tugas pekerjaan, dan perjalanan pulang pergi kerja saat seseorang memasuki masa pensiun,” kata Suorsa.

“Aktivitas tersebut lantas digantikan oleh aktivitas tidur,” tambahnya.

Para peneliti mengingatkan, mengganti aktivitas fisik sedang hingga berat dengan aktivitas seperti tidur, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Jadi, pastikan semua aktivitasmu berjalan dengan seimbang, dan perbanyaklah bergerak.

Penelitian FIREA dimulai pada tahun 2013 dengan tujuan mempelajari perubahan kebiasaan hidup, kesehatan dan kapasitas fungsional pensiunan. Temuan ini baru-baru ini dipublikasikan secara online di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply