Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mau Kerja di Industri Pariwisata? Pertimbangkan 3 Karier Ini

Sumber foto: worldtravelguide.net

Topcareer.Id – Industri pariwisata dikenal dengan peluang karier dan keuntungan menggiurkan yang menyertainya.

Bahkan setelah pecahnya pandemi, industri ini masih diproyeksikan dan dipandang sebagai salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia saat ini.

Tidak hanya ada banyak peluang kerja, prospek masa depan yang menarik juga tersedia luas di industri ini, terutama bagi mereka yang suka bepergian dan melihat tempat-tempat baru.

Nah, jika kamu ingjn menjadi seorang profesional yang bekerja di industri pariwisata, ada tiga profil pekerjaan populer di industri perjalanan dan pariwisata yang bisa kamu pertimbangkan, antara lain:

Biro perjalanan/Travel Agent

Agen perjalanan adalah profesional yang sangat terorganisir, yang bersemangat tentang perjalanan, dan membantu banyak wisatawan.

Tugas utama mereka adalah fokus untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi wisatawan.

Mereka biasanya bekerja sama dengan hotel, maskapai penerbangan, dan pemasok lain untuk membuat paket perjalanan dan pengalaman.

Agen ini dapat bekerja dengan kelompok besar, individu, keluarga, atau organisasi profesional untuk membantu menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Beberapa tugas kerja sehari-hari mereka, antara lain:

  • Bertemu klien untuk mendiskusikan rencana perjalanan mereka yang akan datang dan mengumpulkan informasi tentang rencana perjalanan, transportasi, dan anggaran.
  • Membuat pengaturan perjalanan seperti pemesanan tiket, hotel, transportasi, tiket, serta dokumen perjalanan dan izin (Visa dan lainnya) jika diperlukan.
  • Memberikan nasihat tentang aspek-aspek kunci dari perencanaan perjalanan. Ini mungkin termasuk memberikan informasi tentang paspor, visa, bea cukai, asuransi, vaksinasi, dan kebijakan pembatalan perjalanan.
  • Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga keakuratan catatan reservasi pelanggan, termasuk pembayaran, tanggal perjalanan, nomor penerbangan, dan tanggal check-in dan check-out hotel.

Pemandu wisata/Tour Guide

Pemandu wisata menemani wisatawan ke atraksi lokal di tempat tujuan, seperti pemandangan kota yang populer, taman, dan monumen.

Mereka bertanggung jawab untuk memperkenalkan sejarah, fungsi, dan kebiasaan tempat-tempat penting.

Di era sekarang, pemandu wisata juga semakin terlibat dalam menciptakan pengalaman bagi wisatawan, daripada hanya mengajak orang berkeliling.

Sebagai pemandu wisata, kamu diharapkan dapat mengetahui dan memahami beberapa bahasa, sehingga dapat melayani pengunjung dari berbagai daerah.

Pemandu wisata juga dapat terlibat dalam perencanaan perjalanan dan membuat pengaturan perjalanan.

Beberapa tanggung jawab sehari-hari seorang pemandu wisata mungkin termasuk:

  • Merencanakan kunjungan ke kawasan wisata minat atraksi lainnya.
  • Membeli tiket terlebih dahulu, jika diperlukan.
  • Membuat pengaturan untuk kegiatan alternatif yang menarik, jika terjadi sesuatu di tempat tersebut. Misal salah satu wahananya ditutup, dsb.

Baca juga: Mau Jadi Pramugara atau Pramugari? Begini Caranya

Guest Relations Officer

Guest Relations Officer menangani tugas penerimaan hotel dan kemudian berkoordinasi dengan wisatawan untuk mengelola permintaan check-in dan check-out mereka.

Mereka selanjutnya bertanggung jawab untuk menyediakan tamu dengan berbagai informasi seperti pilihan untuk wisatawan, dan cara berkeliling di tempat itu, di samping layanan yang ditawarkan hotel, termasuk kamar dan tarif harganya, dan kegiatan rekreasi lainnya.

Beberapa peluang sehari-hari dari petugas hubungan tamu mungkin termasuk:

  • Menyambut tamu secara profesional dan kemudian membuat pengalaman mereka tak terlupakan.
  • Memberikan informasi menyeluruh tentang berbagai program, fasilitas, dan manfaat lain yang disediakan oleh hotel.
  • Membantu pelanggan yang menginap di hotel dengan memberikan informasi dan memesan tiket atau menyediakan transportasi jika mereka ingin bepergian dan menjelajah.
  • Menangani eskalasi keluhan pelanggan saat dan saat diterima
the authorFeby Ferdian

Leave a Reply