Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, June 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Melindungi Diri dari ‘Pig Butchering’ Aset Kripto

Montreal, Canada - 28 February 2018: Stacked cryptocurrency coins (Bitcoin, Ethereum, Litecoins)

Topcareer.id – Sejak tahun 2021 saat investasi mata uang kripto kian populer, praktik penipuan dan pencurian aset kripto pun meningkat, salah satunya adalah ‘Pig Butchering’.

Korban biasanya diiming-imingi Return Of Investment (ROI) yang nilainya sangat besar atau bisa dikatakan sebagai hal yang “Too good to be true”.

Pada tahun 2021 saja sudah sekitar $429 juta mata uang kripto hilang karena jenis penipuan ini, menurut Pusat Pengaduan Kejahatan Internet FBI.

Tetapi jangan takut, masih ada cara untuk melindungi diri sendiri dari praktik penipuan ini.

“Sebagai permulaan, biasakan diri untuk jangan mau menerima begitu saja saran investasi dari orang yang baru Anda temui di internet atau media sosial,” kata Joshua Crumbaugh, CEO Phishfirewall dan mantan peretas etis.

“Jika ada penawaran pemasukan dana/mata uang/dll yang datang kepadamu melalui segala bentuk media sosial atau komunikasi yang tidak kamu minta, jadilah sangat skeptis terhadap hal ini,” tambahnya.

Kamu juga harus berhati-hati terhadap pengembalian investasi aset kripto yang lebih tinggi dari angka rata-rata.

Terlebih lagi jika pihak yang menawarkan janji manis ini kepadamu menunjukkan ROI yang sangat cepat hingga membuatmu sangat ingin menginvestasikan lebih banyak uang segera setelah investasi awal yang kamu lakukan.

Saat terlibat dengan investasi kripto, terutama bagi para pemula yang baru mengenal industri ini, penting untuk diingat bahwa peluang pendapatan tinggi selalu datang dengan jumlah risiko yang sama.

Jangan pernah mengharapkan ROI yang terlalu tinggi tapi bebas risiko, hal itu tidak ada di dunia mana pun.

Baca juga: Bappebti Perketat Pengawasan Calon Pedagang Fisik Aset Kripto

Jika kamu pernah menjadi korban jenis penipuan ini, jangan merasa malu dan jadikan pelajaran berharga untuk lebih berhati-hati lagi kedepannya.

Para pelaku pig butchering ini benar-benar manipulator yang ahli, terlebih jika kamu belum pernah mendengar tentang jenis penipuan ini, maka kamu akan sangat mudah untuk menjadi mangsa.

Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kembangkan pengetahuanmu tentang bisnis aset kripto jika kamu ingin benar-benar terjun ke dunia ini.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply