Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 28, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Buat Pencari Kerja Pemula, Ajukan 2 Pertanyaan Ini Saat Interview

Interview kerja bidang keuangan.Interview kerja. (Pexels)

Topcareer.id – Ketika kamu berhasil mendapatkan kesempatan interview kerja, kamu tentu harus mempersiapkannya dengan baik agar lolos ke tahap selanjutnya. Dan ketika lolos hingga tanda tangan kontrak, jangan lupa bertanya hal-hal yang wajib kamu ketahui soal perusahaan.

Berikut ini dua pertanyaan paling penting untuk ditanyakan kepada perekrut dan calon pemberi kerja sebelum mengambil pekerjaan, menurut para ahli.

Apa ekspektasi untuk pekerjaan ini?

Jackie Mitchell, seorang pelatih karier dan kehidupan di perusahaan konsultannya sendiri, mengatakan, hal yang bisa ditanyakan kepada perekrut adalah: Apa ekspektasi untuk seseorang dalam peran ini? Kemudian kamu dapat bertanya pada diri sendiri — Apakah harapan itu sesuai dengan apa yang kamu cari?

“Itu adalah pertanyaan yang harus kita tanyakan, jadi kamu tidak dalam posisi putus asa. Kamu tidak ingin merasa seperti, ‘Oh, saya butuh pekerjaan. Saya harus mengerti.’ Jika kamu punya pola pikir itu, sering kali kamu tidak akan menerima bendera merah,” kata Mitchell mengutip laman CNBC Make It.

Menurut Mitchell, mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini membantumu terlihat berani, percaya diri, dan tegas di hadapan atasan. Satu hal yang dia sarankan adalah bersikap tegas dengan hormat karena itu menunjukkan bahwa kamu tahu apa yang kamu inginkan dan kamu tidak takut untuk memintanya.

Baca juga: Tembus Wawancara Kerja Via Telepon Dengan Cara Ini

“Kamu tidak datang sebagai pencari kerja biasa, tetapi seseorang yang tahu bahwa mereka datang untuk memberikan layanan tetapi juga memberikan nilai tambah,” kata Mitchell.

Bisakah kamu menggambarkan budaya kerja di sini?

Meskipun sulit bagi pekerja muda yang melamar pekerjaan pertama mereka, Deborah Grayson Riegel, pakar manajemen yang telah mengajar di Wharton and Columbia Business Schools, mengatakan bahwa kamu harus memastikan pekerjaan atau perusahaan sesuai dengan harapanmu soal budaya kerja untuk melihat apakah kamu cocok di dalamnya.

Dia merekomendasikan untuk mengajukan pertanyaan spesifik tentang budaya kepada calon atasan: Bisakah Anda menggambarkan budaya di sini? Bisakah Anda menjelaskan kepada saya bagaimana perusahaan atau bagaimana Anda mengalami integrasi kehidupan kerja? Apa sajakah beberapa kekuatan perusahaan? Apa saja hal-hal yang Anda ingin perusahaan lakukan?

“Ingat itu adalah jalan dua arah. Ini tentang kecocokan di kedua tempat. Jika kamu mencari pekerjaan, ini adalah pasarmu saat ini. Kamu menjadi pemilih. Tapi itu tidak akan bertahan selamanya,” kata Grayson Riegel.

Tinggalkan Balasan