Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Nih, Cara Menentukan Karier yang Cocok Untukmu (Bagian 1)

Pilihan karier. Dok/Flexjobs.comPilihan karier. Dok/Flexjobs.com

Topcareer.Id – Apakah kamu sedang mencoba menentukan karier mana yang akan kamu pilih? Jika iya, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat daftar dari karier yang kamu inginkan, lalu perlahan-lahan mempersempitnya.

Ini akan terasa mudah pada awalnya, namun begitu sudah menuju ke beberapa pilihan terakhir, kamu mungkin akan memasuki tahap bimbang.

Di tahap inilah kamu perlu mendalami satu persatu, untuk menemukan karier mana yang paling tepat untukmu.

Nah, untuk mempermudah langkah ini, berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba.

Bagian pertama dari artikel

Wawancara seorang profesional
Pertimbangkan untuk meminta seorang profesional di bidang yang kamu inginkan, untuk duduk bersama dan menjawab beberapa pertanyaan kamu.

Lewat cara ini, kamu akan dapat gambaran mengenai pendidikan, pelatihan, peran tingkat pemula, dan aspek lain yang mereka jalani di sepanjang jalur karier mereka.

Selain itu, wawancara ini juga dapat membantu kamu membangun jaringan profesional dalam industri yang kamu tuju, yang dapat membantu proses pencarian kerja kamu di masa depan.

Baca juga: Studi: Video Game Bisa Meningkatkan Kerja Otak Anak

Mengamati secara langsung
Kegiatan ini membutuhkanmu menghabiskan satu hari, seminggu, atau periode singkat lainnya, untuk mengamati seorang profesional di tempat kerja.

Dengan ijin dari mereka, kamu bahkan dapat menemani mereka ke pertemuan, atau menyaksikan mereka mendemonstrasikan bagaimana mereka menyelesaikan pekerjaan mereka sehari-hari.

Di momen ini, kamu juga dapat mengajukan pertanyaan kepada mereka, untuk lebih memahami jalur karier mereka.

Kesukarelawanan
Tak hanya membolehkan kamu untuk datang dan mengamati, beberapa perusahaan juga mungkin mengizinkan kamu untuk menjadi sukarelawan, dan mengerjakan tugas-tugas yang akan ditangani oleh peran ideal kamu.

Ini sangat membantu untuk membuat kamu mendapatkan lebih banyak pengalaman langsung. Dari sini, perlahan kamu juga bisa menentukan, apakah kamu dapat menikmati bekerja dalam peran, industri, atau jenis tempat kerja tersebut.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply