Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Langkah Kemnaker di G20 untuk Perkuat UMKM

Topcareer.id – Kementerian Ketenagakerjaan selaku focal point Presidensi G20 Indonesia bidang ketenagakerjaan menggelar G20 Entrepreneurship Roundtable 2022. Agenda ini merupakan side event Presidensi G20 Indonesia bidang ketenagakerjaan, yang bertujuan untuk mendukung pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan dan inklusif, serta penciptaan lapangan kerja yang lebih stabil.

“Ini adalah upaya kolektif kami untuk terus mempromosikan kewirausahaan dan mendukung UMKM sebagai instrumen penciptaan lapangan kerja, sejalan dengan komitmen kami dalam Pertemuan Menteri-menteri Ketenagakerjaan G20 (G20 Labour and Employment Ministers Meeting/LEMM),” kata Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi, saat menyampaikan keynote speech pada acara G20 Entrepreneurship Roundtable 2022 melalui sambungan video, Rabu (26/10/2022).

Anwar Sanusi menjelaskan, The G20 Entrepreneurship Roundtable 2022 mengusung tema Inclusive and Sustainable Entrepreneurship as Job Creation Instruments (Kewirausahaan Inklusif dan Berkelanjutan sebagai Instrumen Penciptaan Lapangan Kerja). Agenda ini melibatkan negara-negara anggota G20, organisasi internasional, pelaku bisnis, akademisi, dan stakeholders lainnya yang terkait dengan isu kewirausahaan dan perluasan kesempatan kerja.

Anwar Sanusi mengatakan, forum G20 LEMM telah menghasilkan beberapa rekomendasi kebijakan untuk mendorong kewirausahaan dan mendukung UMKM sebagai instrumen penciptaan lapangan kerja. Rekomendasi-rekomendasi fokus pada kelompok rentan dan menggunakan pendekatan responsif gender.

Baca juga: 3 Tawaran Alternatif Kemnaker dalam Merespons Tantangan Kewirausahaan

Beberapa rekomendasi tersebut adalah pertama, mendukung lingkungan bisnis yang kondusif dan memformalkan perusahaan. Kedua, mempromosikan kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan.

Ketiga, membantu pengusaha dan UMKM mengatasi tantangan dan mempertahankan perkembangan mereka. Keempat, melindungi hak dan kepentingan pengusaha, UMKM, dan karyawannya.

Menurut Anwar Sanusi, rekomendasi kebijakan tersebut akan berhasil jika anggota G20 dapat bersama-sama mengimplementasikannya. Salah satunya dapat dilakukan dan ditindaklanjuti melalui G20 Roundtable Entrepreneurship 2022.

“Saya berharap hasil diskusi dalam G20 Roundtable Entrepreneurship 2022 akan berdampak dalam mendukung kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan sebagai instrumen penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply