Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Obat Gangguan Ginjal Akut, Fomepizole Siap Diberikan Gratis ke Pasien

Obat gangguan ginjal akut. (dok. Kemenkes)

Topcareer.id – Sebanyak 200 vial obat gangguan ginjal akut injeksi, Fomepizole 1,5 mililiter, telah tiba di Indonesia pada Sabtu (29/10/2022). Obat gagal ginjal akut itu didatangkan dari Jepang yang merupakan donasi dari PT Takeda Indonesia.

“Hibah ini dilaksanakan dengan itikad baik atas nama kemanusiaan untuk kepentingan kesehatan anak Indonesia,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan resminya, Selasa (1/11/2022).

Menkes mengatakan, obat ini akan langsung dikirim ke Instalasi Farmasi Pusat. Kemenkes selanjutnya akan mendistribusikan obat tersebut sesuai yang dibutuhkan kepada seluruh rumah rujukan tingkat propinsi di Indonesia.

“Obat antidotum ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh pasien di Indonesia,” ujar Budi.

Sebelumnya telah diketahui 10 dari 11 pasien gangguan ginjal akut yang mengonsumsi obat sirup yang diduga tercemar senyawa kimia tertentu berangsur membaik kondisinya setelah diberi obat ini selama dalam perawatan di rumah sakit rujukan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Baca juga: Bio Farma Kembangkan IndoVac Sebagai Vaksin Covid Anak 12-17 Tahun

Tiga orang anak sudah tidak membutuhkan ventilator dan 1 orang sudah dipulangkan. Menurut Menkes, obat Fomepizole memberikan dampak positif untuk pengobatan pasien gangguan ginjal akut.

Indonesia telah mendatangkan Fomepizole dari Singapura, Australia, dan Jepang. Saat ini sedang dijajaki peluang mendatangkan Fomepizole dari Amerika Serikat dan Kanada.

“Ini upaya yang kita lakukan untuk melakukan pencegahan peningkatan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal. Kita akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit pemerintah yang merawat pasien gangguan ginjal akut,” imbuh Menkes.

Leave a Reply