Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Jangan Percaya 5 Mitos Ini Saat Kamu Lagi Cari Kerja

Ilustrasi fokus kerja. (Pexels)

Topcareer.id – Banyak saran dan tips karier yang diberikan kerap kali berbeda soal pencarian kerja, ini bukan lagi hal yang mengherankan. Bagaimanapun pengalaman professional setiap orang berbeda-beda, berkat kondisi unik dari perusahaan dan industri.

Namun, untuk semua pendekatan yang beragam di luar sana, ada beberapa mitos berbahaya yang menyelimuti pemikiran umum tentang pencarian kerja dan membuat para profesional enggan melebarkan sayap mereka. Berikut lima dari kebohongan soal pencarian kerja, seperti dalam laman Fairy God Boss.

1. Kamu tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman formal

“Salah satu mitos paling konyol tentang proses lamaran kerja adalah bahwa kandidat tidak bisa mendapatkan pekerjaan jika dia tidak memiliki pengalaman. Tentu, kamu tidak akan mendapatkan posisi teratas di mana pun, tetapi posisi junior mudah dijangkau,” kata Vlada Liashchenko, Managing Partner di CNA International IT.

Seperti biasa, semuanya tergantung pada orang tersebut dan seberapa baik mereka melanjutkan wawancara dan seberapa cocok mereka dengan persyaratan posisi.

2. Pendidikan formal merupakan faktor penentu

“Kesalahpahaman lain yang menjengkelkan adalah bahwa pendidikan formal merupakan faktor penentu dalam menyesuaikan persyaratan posisi. Pendidikan memainkan peran, tetapi dibutuhkan kursi belakang dibandingkan dengan pengalaman kerja dan pencapaian karier yang sebenarnya,” ujar Liashchenko.

Hal ini terutama bermasalah dengan lulusan perguruan tinggi yang berpikir mereka berhak mendapatkan keistimewaan hanya karena mereka memenuhi syarat meskipun tidak memiliki kredensial yang diperlukan.

3. Melamar lebih banyak pekerjaan adalah cara terbaik untuk mendapatkannya

“Saat melamar pekerjaan, saya selalu merekomendasikan kualitas, bukan kuantitas. Manajer SDM tahu bagaimana mengenali lamaran massal ketika mereka melihatnya, dan itu pasti akan membuat mereka enggan mengundangmu ke wawancara,” kata Emilija Simic, konsultan SDM untuk TeamStage.

Baca juga: Cara Berpakaian Untuk Wawancara Kerja Di Perusahaan Kreatif

Jadi, baiknya pastikan untuk mengirim lamaran yang disesuaikan dengan perusahaan tempatmu melamar. Itu akan menunjukkan bahwa kamu melakukan riset dengan benar.

4. Resume harus sempurna sebelum mulai melamar

“Resume bukanlah segalanya; jaringan sangat penting dan merupakan langkah pertama dalam mendapatkan wawancara dan bagi seseorang untuk benar-benar melihat resumemu,” kata Jonathan Javier, CEO dan Pendiri Wonsulting.

Manfaatkan Linkedin untuk membangun jaringan dengan perekrut dan manajer perekrutan, dan kamu akan melihat peluangmu lebih berkembang.

5. Kamu tidak membutuhkan surat lamaran lagi

“Meskipun benar bahwa surat pengantar tidak begitu berarti seperti dulu dan sering kali diindikasikan sebagai opsional, kandidat harus menyertakan semua kata yang sama. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa lebih dari 80% perekrut masih mempertimbangkannya saat mengevaluasi pelamar,” kata Jagoda Wieczorek, Manajer SDM di ResumeLab.

Oleh karena itu, upaya tersebut mungkin sepadan dengan imbalannya, jadi kecuali peran tersebut secara khusus menyatakan untuk tidak memasukkannya, kamu harus selalu berusaha agar surat pengantar menjadi bagian dari lamaranmu.

Leave a Reply