Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Menaker Ajak ASN Teladani Sifat Rasulullah, Termasuk Tidak Korupsi

Topcareer.Id – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kemnaker agar meneladani pribadi dan sifat Nabi Muhammad saw.

Semangat mencontoh pribadi Rasulullah, hendaknya bukan hanya dihafal saja, melainkan juga perlu dihidupkan atau diaplikasikan dalam bentuk sikap nyata.

Ida Fauziyah menyebut dalam konteks secara umum maupun di lingkungan ketenagakerjaan, salah satunya yakni tak mengambil sesuatu yang bukan menjadi haknya (korupsi), baik secara individu maupun berkelompok, baik bernilai kecil maupun besar. Selama ini, korupsi sering kali dimaklumi ketika nilainya kecil dan tidak signifikan serta dijustifikasi atas nama kesejahteraan.

“Namun, pemakluman akan menciptakan preseden bagi pemakluman-pemakluman serupa. Pada akhirnya korupsi menjadi bernilai besar, dilakukan secara beramai-ramai, dan bersifat sistemis. Hal ini dapat berpengaruh pada performa kinerja suatu kementerian/lembaga,” ujar Ida Fauziah dalam sambutan peringatan Maulud Nabi Muhammad 1444 H/2022 M, di gedung Serbaguna Kemnaker, Jakarta, Rabu (8/11/2022).

Baca juga: Ini Pekerjaan Yang Cocok Untuk Orang Ambivert

Sifat Rasulullah lain yang perlu dicontoh yakni mengerjakan pekerjaan secara sungguh-sungguh untuk mencapai hasil optimal. Bukan sebaliknya, pekerjaan dilakukan hanya untuk menggugurkan tanggung jawab.

“Keputusan untuk bekerja dan tetap bekerja menunjukkan sebuah komitmen dalam bekerja yang harus dipenuhi,” kata Ida Fauziyah.

Dalam konteks bekerja, ASN diposisikan sebagai pengabdi masyarakat dan digaji dengan uang masyarakat. Karena itu, Ida Fauziyah berpendapat, terdapat tanggung  jawab moral untuk bekerja dan melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh. “Pilihan untuk bekerja atau tetap bekerja sebagai ASN menciptakan komitmen kerja yang perlu Bapak/Ibu penuhi,” ujarnya

Di sisi lain, Ida Fauziyah menilai  perlu menciptakan lingkungan kerja yang dapat mendukung peneladanan sifat Rasulullah. Misalnya, pengawasan lebih ketat terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan ASN. Kemudian keberadaan sistem insentif dan sanksi sesuai dengan performa pegawai (dari proses dan hasil pekerjaan, bukan dari kehadiran di kantor semata).

“Jika hanya dilakukan perubahan pola pikir atau lingkungan kerja saja maka perbaikan yang dilakukan akan menjadi sia-sia. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki keterkaitan komplek dan tidak mungkin dipisahkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dan mendorong performa kerja yang tinggi,” katanya.

Ida Fauziyah berharap peringatan maulid menjadi momentum bagi ASN untuk meneladani sifat dan perilaku Rasulullah saw. dan mengimplementasikannya pada kegiatan kerja sehari-hari. “Sehingga pekerjaan yang kita lakukan bisa membawa keberkahan dan juga berkontribusi positif bagi pembangunan dan masyarakat sesuai tugas kita sebagai ASN,” ujarnya.

Di akhir peringatan Maulid, diisi tausiah dan hikmat Maulid Nabi Muhammad saw. oleh KH Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), pimpinan Pondok Pesantren Assalafi Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply