Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Studi: Infeksi Ulang COVID-19 Lebih Berisiko Daripada Pertama Kali

Sumber foto: FreepikSumber foto: Freepik

Topcareer.id – Risiko kematian, rawat inap, dan masalah kesehatan serius akibat COVID-19 melonjak secara signifikan dengan infeksi ulang dibandingkan dengan serangan pertama, terlepas dari status vaksinasi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada hari Kamis (10/11).

“Infeksi ulang dengan COVID-19 meningkatkan risiko hasil akut dan jangka panjang,” kata pemimpin studi Dr. Ziyad Al-Aly dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis.

“Ini terbukti pada orang yang tidak divaksinasi, divaksinasi, dan booster.” Tambahnya.

Temuan diambil dari data Departemen Urusan Veteran (VA) AS yang dikumpulkan dari 1 Maret 2020 hingga 6 April 2022.

Peserta penelitian ada 443.588 pasien dengan satu infeksi SARS-CoV-2, 40.947 dengan dua infeksi atau lebih, dan 5,3 juta orang yang tidak terinfeksi. Sebagian besar subjek penelitian adalah laki-laki.

Pasien yang terinfeksi ulang memiliki risiko kematian lebih dari dua kali lipat dan risiko rawat inap lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan mereka yang terinfeksi COVID hanya sekali.

Mereka juga memiliki risiko tinggi untuk masalah paru-paru, jantung, darah, ginjal, diabetes, kesehatan mental, tulang dan otot, dan gangguan neurologis, menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Nature Medicine.

“Bahkan jika seseorang memiliki infeksi sebelumnya dan divaksinasi, mereka masih rentan terhadap hasil yang merugikan setelah infeksi ulang,” kata Al-Aly.

Baca juga: 74 Persen Pasien Covid-19 Gejala Berat dan Kritis Belum Vaksin Booster

Orang-orang dalam penelitian dengan infeksi berulang lebih dari tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan masalah paru-paru, tiga kali lebih mungkin untuk menderita kondisi jantung dan 60% lebih mungkin untuk mengalami gangguan neurologis dibandingkan yang terinfeksi sekali.

Risiko yang lebih tinggi paling menonjol pada bulan pertama setelah infeksi ulang tetapi masih terlihat enam bulan kemudian, para peneliti menemukan.

Para peneliti mengatakan risiko kumulatif dan beban infeksi berulang meningkat dengan jumlah infeksi, bahkan setelah memperhitungkan perbedaan varian COVID-19 seperti Delta, Omicron dan BA.5.

“Kabar baiknya adalah bahwa orang yang lebih baik dilindungi dengan kekebalan, kemungkinan risiko mengembangkan beberapa komplikasi akan lebih rendah dari waktu ke waktu,” kata Dr. Celine Gounder, seorang ahli epidemiologi penyakit menular dan editor besar di Kaiser Health News.

Namun demikian, Al-Aly tetap memperingatkan bahwa orang jangan sampai lengah.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply