Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Piaggio Resmi Punya Pabrik di Indonesia, Buka Lapangan Kerja Baru

Secara resmi, Piaggio buka pabrik di Indonesia.Secara resmi, Piaggio buka pabrik di Indonesia. (dok. Kemenperin)

Topcareer.id – Produsen sepeda motor asal Italia, PT Piaggio Indonesia secara resmi memiliki pabrik di Tanah Air. Berlokasi di kawasan Industri Jababeka Cikarang, Jawa Barat, pabrik ini dibangun di lahan seluas 6 hektare dan diharapkan juga membuka lapangan kerja baru.

“Peresmian hari ini sangat monumental, dimulai sejak peletakan batu pertama yang saya lakukan pada 9 November 2021 lalu dan hari ini kita menyaksikan fasilitas produksi telah memulai operasional komersialnya dengan kapasitas produksi awal 10.000 unit per tahun,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam siaran persnya, Rabu (23/11/2022).

Menperin menyampaikan apresiasi atas investasi baru, pembukaan lapangan kerja, peningkatan produksi kendaraan roda dua, serta peningkatan nilai tambah di dalam negeri dengan pembukaan pabrik baru tersebut.

Menperin mengharapkan, peresmian pabrik dan line-off perdana ini menjadi tonggak baru dalam peningkatan kerja sama Indonesia dan Italia.

Pendirian pabrik dan produksi Vespa yang dilakukan oleh PT Piaggio Indonesia merupakan salah satu contoh gambaran kondisi sektor industri yang saat ini optimis dan terus berkembang.

“Peresmian ini menjadi bukti bahwa industri terus berekspansi dan berkontribusi tehadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Ekonomi Indonesia menunjukkan optimisme serta perbaikan yang dapat dilihat dari pertumbuhan positif mencapai 5,72% pada triwulan III – 2022. Sementara itu, industri manufaktur non-migas tumbuh 4,83% dan pertumbuhan industri transportasi mencapai 10,26% (yoy).

Baca juga: Kemnaker Umumkan Batas Waktu Penetapan Upah Minimum Tahun 2023

Pertumbuhan industri transportasi tidak terlepas dari kontribusi sektor otomotif, khususnya sektor kendaraan roda dua yang telah mencapai penjualan domestik sebesar 4,1 juta unit dan ekspor sebesar 640 ribu unit (CBU) pada periode Januari-Oktober 2022.

Pemerintah melalui Kemenperin memiliki komitmen tinggi untuk mendukung kesuksesan Piaggio Group di Indonesia, dukungan tersebut diberikan dalam bentuk tax allowance kepada perusahaan tersebut.

Menperin meminta PT Piaggio Indonesia untuk mendorong peningkatan penggunaan komponen lokal, khususnya komponen produksi Industri Kecil Menengah (IKM).

“Kami mengharapkan Piaggio Indonesia dapat mendukung IKM komponen masuk ke dalam global supply chain Piaggio serta mendukung peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ucap Menperin.

Selanjutnya, Menperin mendukung Piaggio Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya, memperbanyak pengenalan line up kendaraan produksi dalam negeri, dan pada akhirnya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan basis ekspor.

Leave a Reply